Hai Bunda, daftar disini

Mheeya Nofire

Mheeya Nofire

Umum

biar asi bisa banyak dan apa penyebab asi tidak keluar

saya ibu satu anak,sejak dia lahir asi saya tidak keluar padahal saya udah minum vitamin dan makan bnyk sayuran yg katanya bisa bikin asi keluar banyak tapi tetap saja asi saya tidak keluar,paling cuma bbrapa tetes saja.gimana ya supaya asi bnyak keluar dan apa penyebab asi tidak keluar...apa karena operasi caesar?krn saya di caesar..untuk antisipasi klo saya pgn pnya anak kedua...

Komentar
6 Komentar
PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Terkadang memang masalahnya secara medis, tapi seringkali masalahnya adalah pada motivasi dan keyakinan diri Bunda. Semakin Bunda bermotivasi memberikan yang terbaik, ASI akan semakin banyak diproduksi (terutama kalau anak terus berusaha menyusu, produksi ASI akan meningkat kalau anak sering menyedot ASI Bunda. Kalau anak malah dibiasakan minum susu formula, tentunya dia juga jadi malas menyedot ASI). Juga semakin Bunda yakin bahwa Bunda bisa memberikan yang terbaik, tentu saja ASI akan semakin lancar keluar. Sebaliknya kalau Bunda malas atau Bunda kurang yakin bisa memberikan ASI, biasanya produksi ASI juga menurun. Operasi Caesar tak ada hubungannya dengan produksi ASI kok. Jadi untuk anak kedua kelak, tenang saja Bunda. Ingat: bermotivasi dan berkeyakinan tinggi bahwa Bunda bisa. OK!

Marina Simanjuntak
Marina Simanjuntak -

Bun,saya juga melahirkan cesar kedua anak saya tapi sampai saat ini saya bisa memberikan asi eksklusif untuk kedua anak saya. Menurut saya yg pnting bunda yakin bahwa bunda bisa memberikan asi untuk anak bunda, terkadang stress dari luar membuat asi kita sepertinya sulit keluar. ASI saya baru keluar setelah 2 hari melahirkan. Yg pntg bunda rajin merawat payudara bunda seperti kata teman2 tadi trus banyak makan yang bergizi terutama kacang2an seperti kacang hijau atau daun katuk. Waktu pertama menyusui memang asi yg keluar sedikit tapi kalau bayinya sering menghisap lama2 produksi asi akan bertambah dan bukan karena bunda tidak bisa memproduksi asi yang banyak. Tuhan udah mengatur asi kita agar sesuai dengan kebutuhan si bayi. Jadi kalau pada awal kelahiran bayi sering menangis karena kurang asinya, yah wajar karena bayi baru sedikit menghisapnya. Percaya diri bun, kalau bunda pasti bisa memberikan asi yang terbaik untuk anak bunda. Selamat mencoba

EPI YUNISARI
EPI YUNISARI -

Syarat pertama untuk menyusui : NIAT. Artinya bunda harus yakin bisa menyusui anak, jadi jangan menyerah dan stres. Pastikan puting tidak berkerak / kotor karena bisa menyumbat keluarnya ASI. Semakin sering bunda meyusui, akan merangsang air susu. Banyak makan sayur dan kacang-kacangan. Juga minum susu ibu menyusui. Saya sangat yakin bunda bisa memberikan ASI karena memang Tuhan sudah khusus menciptakan untuk anak-anak kita. Setuju bunda?

Allodia Yuni
Allodia Yuni -

Ibu...... saya malah tidak menyusui sama sekali anak pertama saya. stres sih tapi apa mau dikata. karena suntikan antibiotik yang saya terima dari dokter (gara2 saya kena diare hebat) makanya ketika saya hamil anak kedua saya bertekad memberikan asi buat anak saya.
saya lakukan masage, saya bersihkan puting, saya kompres, saya makan banyak sayur hijau, minum lancar asi, moloco dan minum susu ibu menyusui hasilnya saya lancar sekali menyusui anak kedua saya. intinya
jangan stres
jangan menyerah walo asi cuma sedikit berikan terus puting ke bayi karena lama lama asinya akan banyak sekali dengan sendirinya
selamat mencoba

Anjrah Nugroho Siwi Blegur
Anjrah Nugroho Siwi Blegur -

ada beberapa ibu dengan segala cara untuk membuat asi lancar kadang tidak berhasil tapi mudah2 ini membantu, saat hamil 3/2 bulan sebelum melahirkan berikan terapi massage pada payudara ibu dan bersihkan puting susu dari kotoran yang menyumbat saluran. berikan pijatan sehari dua kali pagi sore sebelum mandi, sebelum dipijat puting dibersihkan kemudian dipijat ke arah puting sampai mengeluarkan sedikit air. terapi ini dilakukan smp ibu berhasil menyusui bayi ibu. selain dengan babyoil juga dikompres dengan air hangat. ibu juga harus minum susu khusus ibu hamil dan menyusui u/ membantu produksi susu. dan usahakan bayi menyusu langsung pada puting ibu, itu juga membantu melancarkan produksi asi. selamat mencoba.

Triwik Sri Hartatik
Triwik Sri Hartatik -

Menurut sy operasi caesar tidak menyebabkan asi tidak keluar. Banyak saudara & teman2 sy yg asinya lancar bahkan lebih banyak dari asi sy yang melahirkan scara normal.
ASI sy keluar setelah 2 hari melahirkan. Awaknya sedikit sekali hanya tetes-tetes saja. tapi sy optimis akan memberikan asi kepada anak2 sy. Setelah dilakukan massage pada payudara dan terus memberi rangsangan dengan membiarkan anak sy berusaha menyedotnya, sedikit demi sedikit keluar juga. Bahkan setelah hari ketiga asi keluar dengan deras, setiap 2 jam sekali hr diberikan kalo tidak akan keluar sendiri. Selama awal menyusui jg diberi bayi dengan susu dalam dot, karena kalo sudah minum dengan dot bayi akan menolak diberi asi, apalagi asi keluar sedikit2.
selamat mencoba untuk akan ke dua ya bu....