Hai Bunda, daftar disini

Jariatin Al Hidayah

Jariatin Al Hidayah

Umum

batas pemberian susu

Bunda, berapa sih batas maksimal pemberian susu pada balita? karena anak saya sehari-harinya tidak mau makan, apa karena terlalu banyak konsumsi susu? dia minum sampai 5-6 kali botol 250ml sehari semalam. Ada solusinya tidak ya?

Komentar
4 Komentar
Jariatin Al Hidayah
Jariatin Al Hidayah -

syarif skrg umurnya 2th 2 bln dengan berat 12kg, dan tetap juga ngga mau makan nasi, nyemil juga dia tidak begitu suka, tipe anaknya bosenan sih...tapi kalau minum susu, ga bisa lihat botol kosong sebentar...pasti minta susu dan susu lagi, sekarang asupan susu makin bertambah lho. Pernah aku ajakin makan sambil keluar rumah, entah itu jalan-jalan atau bermain sama temannya tetapi tetap saja ngga ngaruh sebab dia malah keasyikan main ma temannya, saya sampai takut terjadi seperti yang dikatakan dokternya syarif, dokter pernah bilang salah satu faktor syarif belum bisa ngomong karena ia tidak mau makan, nah,,,sebab itu saya jadi takut bgt dan terus berusaha kasih makan nasi tapi anaknya ga mau, waduh....sampai kapan ya begini???

Shelvy Waseso
Shelvy Waseso -

Bunda Syarif yang bijak,

Usia balitanya berapa tahun tepatnya? Soalnya kebutuhan susu tiap tahun pada anak berbeda. Oiya, ini saya copy contoh dari para pakar FF ttg kebutuhan anak balita akan susu.

Contoh: FF 123 rasa madu mengandung energi sebanyak 130 kkal dalam satu kali sajinya (200 ml) jadi untuk kebutuhan anak usia 2 tahun dengan BB normal (12 Kg) adalah 1080 kkal : 130 kkal = 8 gelas. Tentunya tidak dianjurkan hanya mengandalkan asupan gizi dari susu saja kecuali dalam kondisi tertentu.

Kalau diliat untuk anak 2 tahun dgn BB normal perlu hanya 8 gelas (@200ml), its mean 1600 ml. Kalo tadi Bunda bilang sampai 5-6 botol (250ml), maka si kecil mengonsumsi maksimal 1500 ml. Nah, kalo umurnya dan BB nya sama sih...kalo lebih dan kurang jadi bisa memperkirakan.

Tapi ada notice di akhir contoh itu bhw "Tentunya tidak dianjurkan hanya mengandalkan asupan gizi dari susu saja kecuali dalam kondisi tertentu". Biasanya pola makan anak itu bergantung dari pengaturan Bunda. Kalo Bunda menyerah dgn senjata 'toh ada susu', maka anak pun tidak akan berubah...

Semangat ya, Bunda. Jangan menyerah. Makan lebih lahap kalo suasana dan menunya di bawa fun...Semoga membantu.

~Bunda Air~

Ummi Atikah
Ummi Atikah -

aku juga sama bun,anakku ga pernah aku batasin minum susunya.pernah ada masanya dlm satu bulan anakku hampir tidak makan nasi,sampai2 jatah bulanan susunya naik 3 kotak.tp,alhamdulillah sekarang sudah kembali normal.klo aku,selama salah satu antara makan dan susu masih berjalan,a berusaha untuk tidak terlalu khawatir.karena aku berfikir klo gizi anakku tidak terpenuhi lewat makanan,kan dia dapat dari susunya.yg penting,jngn pernah menyerah.biarpun cuma beberapa suap,yg penting bisa masuk nasi..

Purwanti Dhea
Purwanti Dhea -

kalau anakku tidak aku batasin bund soalnya maemnya susah kl susu harus di batasin juga entar malah kekurangan gizi alias gizi buruk . kalau aku tidak pernah memaksa si kecil untuk makan kalau semakin di paksa malah semakin berontak dan tutup mulut meski dikit aku kasih nasi bund meski cuma 3 - 4x suapan