Hai Bunda, daftar disini

Rafika Andriani

Rafika Andriani

Umum

basah pada telapak tangan dan kaki bayi

Hallo bun...!mau sharing nich,,bayiku sekarang umur 4 bulan,dia aktif banget,berat badannya juga naik terus,tapi setiap dia abis angkat-angkat kaki,tangan dan kakinya selalu basah.kenapa yaaa..??hmm

Komentar
3 Komentar
Wahyuni Sahira
Wahyuni Sahira -

Tangan dan kaki sering berkeringat merupakan salah satu bentuk sensitivitas tubuh yang berlebihan. Mungkin anak bunda berkeringat karena faktor suhu lingkungan yang tinggi, kelembaban udara, atau karena aktivitas tubuh yang meningkat sehingga proses metabolisme berlangsung lebih cepat untuk menghasilkan energi.

Risma Yanti
Risma Yanti -

Telapak tangan yang berkeringat merupakan salah satu bentuk dari sensitivitas tubuh yang berlebihan. Daerah yang berkeringat ini dapat menjadi media tumbuh kuman maupun jamur, dan terkadang menimbulkan bau yang kurang enak, akhirnya rasa kurang percaya diri muncul terlebih ketika berjabat tangan.

Penyebabnya sampai saat ini memang belum diketahui secara pasti, tetapi ada beberapa hal yang dapat menimbulkan keringat termasuk pada daerah telapak tangan, seperti hipertiroidism (kelenjar gondok membesar), hiperhidrosis (pio juni membahas masalah ini), demam infeksi, cemas/stress (menghadapi ujian, pidato, tes), takut, emosi, penyakit TBC, penggunaan obat-obat (kanker, AIDS, miastenia gravis, narkotik), udara panas, kanker, menopause, gangguan pada jantung atau lambung, gangguan penyerapan air oleh ginjal, kegemukan, kerusakan syaraf akibat penyakit diabetes atau trauma saraf spinal, dan putus obat.

Penyakit jantung juga dapat menyebabkan telapak tangan berpeluh. Menurut beberapa sumber, coba amati jari kelingking dan jari tengah, apabila tampak bengkok (tidak simetris) kemungkinan ada permasalahan pada organ dalam dan pembungkus jantung. Dan telapak tangan yang berkeringat menandakan seseorang mengalami gangguan pada selaput jantung, paru-paru, sesak napas, dan stress. Tetapi untuk mengetahuinya secara pasti perlu pemeriksaan yang lebih spesifik baik dari laboratorium maupun dokter spesialis.

Sebenarnya untuk menghilangkan keringat ini, harus dihilangkan dahulu penyebabnya. Namun keringat ini dapat diminimalisir dengan cara mencuci tangan kemudian telapak tangan ditaburi dengan bedak bayi, kurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein (seperti teh kental, kopi) serta hindari rokok. Dan terakhir selalu percaya diri mengahadapi segala sesuatu. Jika beberapa cara di atas belum berhasil, periksakan ke dokter untuk memastikan penyebab gangguan yang dialami. Semoga bermanfaat.



Telapak tanganku juga selalu berkeringat. Walau cuaca dingin pun tetap berkeringat. Bahkan telapak kakiku pun selalu begitu. Dan memang sejak kecil aku sudah ada kelainan jantung (baca: lemah jantung). Sampai detik ini aku tidak pernah therapy atau pergi ke akupuntur. Selain takut dengan jarum, aku rasa karena ini sudah bawaan lahir, jadi agak sulit untuk penyembuhan kecuali didukung dengan cara makan dan cara hidup kita saja.

Pernah dengar ahli akupuntur Iping Saripin tidak? Aku sudah daftar untuk ketemu dia tapi baru dapat jadwal bulan depan. Aku mau kesana sama suamiku yang berat badannya naik terus, tahu sendiri kalau makin gendut kan jadi sumber penyakit. Aku bujuk-bujuk akhirnya mau juga dia diajak ke sana. Kebetulan yang sudah kesana itu mamiku sama temannya yang setiap kali menstruasi selalu transfusi darah, tapi sejak berobat kesana sudah tidak lagi. Bayarnya juga tidak mahal `koq', cuma 125 ribu. Kita tahu pak Iping ini dari TV kalo tidak salah Trans tv yang meliput, kebetulan juga banyak artis yang berobat kesana.Ini no. telp nya kalau mau : 7221250

Aku hampir setiap hari seperti itu, telapak tangan dan kaki, apalagi kalau lagi diburu apa saja, pekerjaan rumah atau kantor, tapi setelah aku sering tusuk jarum, agak berkurang dan semutan ditangan juga berkurang. Mungkin hal ini bisa membantu mengurangi keringatan di telapak tangan. semoga terapi ini bisa membantu .

Setahuku tidak selalu ada kelemahan di jantung, kalau selalu berkeringat di telapak tangan/kaki. Karena pernah ada kakak temanku tangannya selalu berkeringat ,akhirnya setelah periksa ke dokter ternyata kelenjar keringatnya berlebihan mengeluarkan keringat, itu saja, dan dikasih obat dari dokter. Obatnya cuma seminggu saja dikasihnya, tapi sampai sekarang sudah tidak seperti dulu lagi tangannya. Tanganku keringatan juga lho, cuma aku sih tidak pernah ke dokter specialis, tanganku cuma keringatan kalau kepanasan, atau lagi nervous aja.

sebaiknya ke dokter spesialis apa ya? .

Waktu itu temanku kakaknya cuma ke dokter umum biasa kok. Tapi kalau menurut aku sih kalau memang dokter umum tidak bisa menemukan masalahnya, biasanya kan dikasih surat rujukan ke bagian specialis . Tapi saya rasa banyak kok yang punya masalah dengan telapak tanganyang berkeringat, jadi dokter umum mungkin juga biasa ya. Soal pola makan juga berpengaruh lho mbak, karena kan banyak makanan-makanan yang dapat memicu berlebihnya keringat. (untuk jenis makanannya akukurang tahu).

Telapak tangan berkeringat ini selain disebabkan stress, juga karena persyarafan syaraf simpatis yang terlalu aktif. Kalau keringat ini sangat mengganggu, dokter bisa memotong syaraf tersebut dengan operasi kecil di daerah ketiak kanan dan kiri. Keponakan saya juga sudah melakukan operasi ini di Singapore dan hasilnya sangat baik.

ELLIS JUALISNA
ELLIS JUALISNA -

mungkin karna si anak aktif bergerak bun..berkeringet semua badan ga?soalnya dlu anak ku juga seperti itu..dia selalu keringetan terus,kata mama2 ku sich gpp dia sehat klu keringetan terus,tp mama ku bilang juga coba aja jilat keringetnya asin ga?klu masih asin gpp insaalloh dia sehat tp klu keringetnya ga ada rasanya?perlu di curigai..ya sekedar info aja bun percaya ga percayanya kembali ke diri kita masing2,klu masih penasaran konsultasi aja langsung ke dok anak bun..salam kenal ya bunda rafika ;)