Hai Bunda, daftar disini

Hanifah Srihudati

Hanifah Srihudati

Umum

bagaimana mengatasi anak yang suka memukul

Anak saya laki-laki umurnya 2 tahun, kadang ia suka memukul orang -orang di sekitarnya atau melemparkan barang yang dipegangnya tanpa alasan, sudah berulangkali saya ingatkan dan saya larang tapi masih sering diulangi

Komentar
7 Komentar
Wiji Rahayu
Wiji Rahayu -

Anakku cewek... dulu dia suka memukul... saat akan memukul aku tangkap tangannya. kalu sudah terlanjur kena, aku raih tanggannya... embak mau nggak kalau dipukul seperti ini... sambil kutepuk pelan telapak tanggannya... enggak jawabnya .... setelah itu dia tak pernah lagi melakukannya...

Hanifah Srihudati
Hanifah Srihudati -

Terima kasih jawabannya, akan langsung saya praktikkan, smg berhasil

Nining Lasmini
Nining Lasmini -

admin terima kasih tips nya,, anakku juga akhir2 ini klo lg kesal suka nangis dan teriak2 atau kadang2 main pukul dan kadang2 jg lembar barang munggkin itu terjadi setelah melihat anak sebayanya yg melakukan hal demikian jd anaku menirunya, mudah2an tips diatas bisa membantu terima kasih

Ida Zakiah
Ida Zakiah -

anakq cw 2,5 th, skrg jg suka mukul bunda nya ini, sy sampe skrng ga tau gmn menghadapi nya....

PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Halo Bunda Hanidati..Perilaku memukul orang atau melempar barang pada saat berusia 2 tahun bisa terjadi karena beberapa hal. Pertama perilaku ini bisa terjadi karena anak merasa kesal ataupun marah dan ungkapan perasaannya ditampilkan lewat perilaku memukul atau melempar barang. Kedua, perilaku ini bisa muncul karena anak ingin melihat reaksi orang lain ataupun ingin mengajak orang lain untuk memberikan perhatian kepadanya. Adakalanya keterbatasan kemampuan berbahasa juga membuat perilaku memukul atau melempar barang ini muncul karena mereka tidak bisa mengkomunikasikan perasaan ataupun maksud pikirannya.
Untuk itu ada beberapa yang bisa lakukan :
1. Saat anak melakukan perilaku ini, bunda bisa berkata dengan tegas tidak memukul. Katakan juga apa yang mungkin anak pikirkan, seperti 'bunda tau adik marah/mau bermain, tapi kita tidak boleh memukul".
2. Ajarkan anak untuk melakukan yang seharusnya ia lakukan. Misalnya jika ia memukul karena ia ingin menarik perhatian kita, bunda bisa melatihnya berkata : "bunda, aku ingin bermain dengan bunda". atau jika ia merasa marah karena tidak mendapatkan giliran bermain, ajarkan ia berkata "habis ini giliranku yaa"
3. Jika anak bisa melakukan perilaku yang diharapkan berikan pujian.
4. Jangan biarkan anak memukul anda pada semua situasi, walaupun ia berada pada kondisi kesal ataupun bercanda. Anda dapat memegang tangannya dan berkata tegas, melihat ke matanya "Tidak Memukul". Jika anda membiarkannya maka anak dapat menangkap perilaku ini masih boleh dilakukan pada situasi tertentu.
5. Jika anak melempar barang, katakan kepadanya kamu bisa bermain lempar bola di luar, tapi tidak melempar barang yang seharusnya tidak dilempat. Minta anak untuk segera mengambilnya dan meletakannya kembali. Bunda juga bisa mengatakan bahwa mainan yang dilempar saat anak marah akan dimasukan ke dalam box selama 1 hari dan tidak bisa dipergunakan karena sudah dilempar.

Selamat mencoba.

Iluvia Dama
Iluvia Dama -

bun, kl anakQ mukul, q balas. biar dia th kl itu skt. stlh itu dia pasti bilang "emoh" alias g mau, mksdnya g mau dipukul. br deh q ksh th, kl dia g mau berrti org lain jg g mau. kl dia mukul tetangga, dia lngsg q srh mnta maaf. trus alihkan tenaganya yg kuat itu ke hal lain yg bs dia pkl2 atau banting2.. misal main bola. alhmdllh skrg jrg mkl2nya...

Devi Tiara
Devi Tiara -

kebetulan anak2 sy permpuan semua bun, jadinya sy gak punya pengalaman mengurus anak cowok, tapi sy hanya bisa kasi semangat u/ bunda, yg sabar ya bun, pastinya kan bunda jg gak enak dg orang2 disekitarnya yg anak bunda pukul, tapi sy yakin bahwa anak bunda punya kelebihan yg buat bunda bangga.