Hai Bunda, daftar disini

Rochmi Widayanti

Rochmi Widayanti

Umum

bagaimana mengajari anak untuk berani sekolah tanpa didampingi ortu?

bagaimana anak TK A punya keberanian untuk di tinggal di sekolah tanpa didampingi orang tua?

Komentar
6 Komentar
PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Biasanya anak sudah TK A sudah berani sekolah sendiri. Kalau belum berani, terkadang karena selama ini Bunda jarang memberikan kesempatan buat anak dilepas melakukan berbagai kegiatan secara mandiri, atau karena anak sering dikritik / dimarahi. Anak yang sering dibohongi juga terkadang jadi anak yang tak berani. Tapi kalau seperti kata Bunda, dia sudah berani maju ke depan kelas, sudah bagus sekali kok!

Beberapa saran dari bunda yang lain boleh dicoba. Intinya adalah membuat anak senang di sekolah, misalnya dengan menceritakan betapa menyenangkannya sekolah dengan guru, teman, dan permainan yang seru. Bekerja sama juga ya dengan guru, sehingga guru tetap berusaha membuat anak tertarik dengan berbagai kegiatan di sekolah.

Di awal, Bunda tetap perlu ada di sekolah. Setiap kali anak mencari, dia bisa melihat Bunda tetap di sana. Kalau dia sudah percaya, maka bisa dilepaskan sedikit-sedikit. Yang pasti, jangan membohongi anak, misalnya dengan diam-diam Bunda pergi. Kalau seperti ini, tentu saja anak sulit percaya pada Bunda dan akhirnya justru berusaha ’mengikat’ Bunda. Jadi kalau Bunda mau pergi, lambaikan tangan sambil tersenyum, dan pergilah.

Jangan lupa nantinya di rumah, berikan pujian untuk keberaniannya sekolah sendiri. Kalaupun anak menangis, bilang saja, ”Tak papa menangis, tapi kamu tetap berani kan sekolah sendiri.”

Sri Artina Sirwan
Sri Artina Sirwan -

anak yang manja memang seperti itu..kita jadi orang tua memang diuji kesabaran...untuk itu harus rajin dan telaten untuk trus memujuk memujuk dan di beri pengertian sambil itu tunjuklah suatu contoh misal kakak atau abangnya dulu sewaktu sekolah gak ditungguin dan berani kesekolah sendiri

Amel Sherly
Amel Sherly -

Syukurlah anak saya sjk pertama msk skolah langsung berani di tnggal orang tua..malah dia menyuruh saya pulang saja tapi jangan lupa menjemput kembali....
Ibu wida persoalan spt yg ibu alami byk terjd di kalangan teman2 sklh ank saya... tp satu2 terselesaikan dg baik.... beberapa tipsnya adalah:
- setelah pulang /sblm skolah bimbing dia mengenali setiap sudut sekolah, ajk bermain shg membuat anak merasa comfort dg lingkungan sklhnya.
- sering bercerita ttg pengalaman orang2 terdekat (kel./ teman) yg positif berkaitan dg hal2 yg membangun keberaniannya, bisa jg membcakan cerita2 yng berhub.
- temukan teman dekatnya (yg berani) yg bisa membantu anak merasa comfort berada disekolah walau tanpa ditemani ibu....
semoga saran sy berguna utk ibu wida..............salam....
...

Erlitna Ginting
Erlitna Ginting -

bunda awalnya memang menghadapi lingkungan baru anak pasti inginnya didampingi terus dengan orang terdekat. Karena mereka merasa belum nyaman, malu atau takut, tetapi usahakan beri pengertian terus kepada sikecil bahwa dia udah sekolah jadi nggak boleh ditunggui terus. Katakan pula padanya bahwa temen-teman dan bu guru akan bersikap baik dan membantunya bila ia mendapat kesulitan.

Rina Marina Yahya
Rina Marina Yahya -

Anak saya dlu bln ptama sama sperti itu, tp Sbln kmudian dia mau sendiri asal d ajak sm guruny dan stlh bbrapa lm akhirny mau sendiri, jd coba deh minta sm guruny tlong d ajak dn d temenin.

Rochmi Widayanti
Rochmi Widayanti -

anakku umur 4 tahun, masuk TK A tapi selama ini masih minta ditungguin diluar oleh ibunya. Saya sendiri heran apa karena lihat teman-temannya pada ditunggu atau karena belum pede, padahal kalau disuruh maju atau dapat tugas dari gurunya dia selalu berani maju ke depan tanpa takut salah atau benar? mungkin ada yang punya saran untuk problem saya ini???