Hai Bunda, daftar disini

Asri Paramita

Asri Paramita

Umum

bagaimana cara mengatasi anak manja / cengeng

hai bun , share dong .
anak saya nacca akhir" ini jadi manja + cengen banget nih . kalo yg di mau gg di turuti dia bisa marah + pura" nangis sampe apa yg dia mau di turuti kita . gimana cara ngatasi nya ya bun ?
molai dia bayi sampe skrg ( 11 bulan ) selalu yaa bisa di bilang di manja sama mama mertua . selalu di gendong + gg pernah di biarin nangis sedikitpun . apa itu pengaruh sama apa yg terjadi skrg yaa ?
anyway buat yg udah mampir thx info + saran nya bun :)

Komentar
2 Komentar
Leny Irniawati
Leny Irniawati -

emang ya bun, kalo eyang psti sayang....bgt sm cucunya....tp yg susah kan qta jadinya kalo tlalu dmanja
kalo menurut saya sie, coba ajak bicara, beri pengertian, cm hrs ekstra sabar ya bun...cos umur 11 bln lom bs dipaksa utk mengerti....
ato coba alihkan perhatiannya pd hal lain, jd pikirannya tdk fokus pd apa yg dia mau...

Ika Daniarsari
Ika Daniarsari -

Sudah jadi senjata dia sepertinya, kalau dia menangis keinginannya tercapai atau paling tidak mencari perhatian. Coba sekali-sekali bilang tidak mengerti mau dia apa karena dia menangis. Minta dia bicara apa maunya tidak pakai menangis, terus jangan kabulkan apa yang dia mau kalau mintanya sambil menangis [DI]

Sepertinya menangis sudah menjadi senjata untuk mendapatkan keinginannya ya? Karena anak tahu dengan menangis, dia akan mendapatkan apa pun yang dia mau, walaupun membuat orang tuanya jengkel. Yang bisa kita lakukan untuk menolong anak kita yang kelewat sensitif, pertama dengan mencoba berempati. Katakan bahwa kita mengerti perasaan tidak mampu atau kekecewaan atau apapun yang anak kita rasakan. Tapi jangan terjebak untuk menghiburnya terlalu lama. Setelah anak kita tenang dan dalam situasi yang menyenangkan, kita masuk ke langkah kedua, yaitu memberikan batasan-batasan. Misalnya kalau anak berhasil menahan tangisnya satu kali, diberi stiker yang ditempel di buku. Stiker-stiekr ini dikumpulkan sampai 3 (jangan banyak-banyak dulu) setelah itu, ia boleh mendapatkan atau melakukan hal yang disukainya. Sebaliknya bila ia tidak bisa menahan tangisnya, apa yang menjadi kesenangannya akan diambil. Misalnya tidak boleh nonton TV, atau tidak mendapat ice cream kala yang lain boleh makan ice cream. Langkah ketiga doronglah anak untuk berinisiatif. Misalnya jika ia minum, katakan dengan lembut, bahwa ia bisa mengambilnya sendiri. Setelah itu pujilah dia. Langkah keempat doronglah anak agar peka terhadap kemampuan dirinya sendiri untuk menghadapi hal yang membuatnya bete/kesal/sebal. Bantu dia untuk membuat segala sesuatunya jelas, tidak hanya membuat ia berkata, saya sedang sebal. Tapi sebalnya itu karena apa? Apakah karena tidak diajak bermain temannya, atau karena apa. Caranya dengan menceritakan bahwa kita juga pernah merasa sendiri, kecewa, sedih karena sesuatu hal. Anak yang sangat sensitif, biasanya sulit untuk menjelaskan hal yang menyebabkan dia rewel. Langkah kelima bantulah anak agar lebih fleksibel. Anak yang sangat sensitif biasanya tidak suka kejutan atau sesuatu yang diluar kebiasaan. Awali dengan small steps, perlahan-lahan, agar suatu saat nanti bias menjadi anak yang lebih independen.