Hai Bunda, daftar disini

YAYI ISMANDA

YAYI ISMANDA

Umum

apakah harus masuk play group di usia dini??

anak saya usianya 2 tahun 3 bulan.. sebenarnya hati kecil saya bilang "ga akan memasukkan anak ke play group karena saya masih punya waktu mengasuh anak sendiri" dan syukurnya anak saya juga gampang bersosialisasi dan cepat menangkap tentang hal2 baru di lingkungannya.. cuma dari lingkungan sekitar banyak yang sudah masuk play group dan sering timbul pertanyaan "kok kenzie ga di sekolahin sih?" mohon bagi pengalamannya dong Bun,, karena saya ga mau anak saya masuk play group cuma karena gengsi... apa sih plus minus anak "di-play group-kan"... makasih bunda bunda....

Komentar
3 Komentar
Juraida Ida
Juraida Ida -

Melihat dari penjelasan bunda,menurut saya tidak usah dimasukkan ke play group lagi toh anak ibu kan memang mudah bersosialisasi apalagi waktu ibu banyak untuk dia, ingat bu : " Ummu Madrasatun " lebih baik kita sendiri yang mengasuh anak kita, kan sebentar lagi sikecil sdh bisa masuk TK jadi disana juga anak diajari kok bersosialisasi sesuai perekembangan umurnya, Oke bunda!!!

Ikhda Sholikha
Ikhda Sholikha -

menurut pendapat saya, bagus juga lho disekolahkan playgrup/kelompok bermain (bukan karena gengsi ya bun)..tapi demi kebutuhan anak itu sendiri, umurnya dia bermain, umurnya dia belajar bersosialisai, mengenal dunia diluar keluarganya, sangat bagus kalo bundanya masih bisa mengasuhnya (fulll time mom)..di sekolah diajarkan makan sendiri bersam2 berbagi, saling menunggu temannya, bekerja sama dalam menyusun puzzle, perkembangan motorik halus dan kasarnya bisa lebih dikembangn, anak belajar mandiri, tidak harus tergantung sama orang tua.

pengalaman anak saya yg pertama, 2.5th masuk playgrup, disana harus melepas dan memakai sepatu sendiri, di sekolah ganti pakai sandal, belajar pipis, ganti baju sendiri, piket menyiram bunga, piket menyiapkan untuk cuci tangan sebelum makan, sama2 membereskan tempat bekalnya..(karena dianjurkan bawa bekal)..selain banyak tambahan doa, lagu2, dongeng2..dan banyak hal, namanya aja kelompok bermain ya bermain, gurunya pun esktra sabar bun, ada yg punya kebiasaan hrs minum susu sambil baring memeluk botolnya, disitu dia belajar sedikt2 demi sedikit kebiasaan yg harus mulai ditinggalkan, dan buat kebiasaan yg lebih baik, dan nanti bunda bisa menanyakan ke anaknya td di sekolah ada apa, belajar apa, anakku lebih tertarik ke temannya yg pake asesoris ini, bu gurunya yg lupa pake lipstik dst-nya..jd segala potensi anak akan keluar..dan buatlah dengan fun dan bukan paksaaan,,jangan sampe anak trauma dan mogok atau bosen sekolah..itu kerjasama orang tua dan guru..

saya pun rencana thn depan si adik playgrup umur 2thn 1bln. tp kebetulans sekolahnya orang tuanya boleh ikut (nungguin)..saya tetap akan nungguin, akadang2 anak suka mogok..sambil melepas pelan2..

jangan ragu bunda ya..

Renny Wijaya
Renny Wijaya -

kalau menurut saya bun, play group itu sebenernya bagus untuk anak,. karena anak bisa mengenal dunia sekolah sejak dini, dan dy bisa disiplin waktu dll, banyak hal yang bisa didapatkan di playgroup, anak bisa belajar bernyanyi, mendengar cerita, bersosialisasi dengan teman yang baru dikenal, jadinya nanti pas mau masuk TK, si anak tidak kaget bun, dan di playgroup kan diajarin mandiri, masa nanti masuk TK, mamanya mau nemenin di kelas? kalau sudah dimasukkan playgroup kan si anak bisa beradaptasi, dan merendam emosi anak.. begitu bunda,.. bukan karena gengsi, tapi demi kebaikan anak juga,. semoga bermanfaat