Hai Bunda, daftar disini

Ratna Nugraha

Ratna Nugraha

Umum

apa ya obat flu yg aman utk ibu hamil?

kehamilanku memasuki usia 36 minggu, dan sekarang sedang kena flu berat, tapi ga berani minum obat krn khawatir efek sampingnya bagi si janin. Mungkin ada bunda yg tahu obat tradisional alternatif yg bs bantu sembuhin flunya? Thanks

Komentar
6 Komentar
Ina Wijayawati
Ina Wijayawati -

Kalau saya dulu telphon ke dokter kandungan saya untuk minta refrensi obat flu,biasanya saya diberi biogesik

Dinni Pramadhani Juliasih
Dinni Pramadhani Juliasih -

Ada beberapa obat tradisional bagi BUMIL yang sedang terserang flu, insya Allah aman buatibu hamil & Bayi yang ada didalam kandungan.

a. Meminum air rebusan ketumbar:
Cuci bersih segenggam kutumbar lalu rebus dengan beberapa gelas air, rebus sampai mendidih dan berubah warnanya...(menjadi seperti warna air teh). Boleh juga diberi tambahan jahe sedikit.
...kehamilan membuat kita harus pandai-pandai memilih obat...

b. Meminum air lemon+madu:
Campur madu atau lemon dgn gula jawa di minum hangat-hangat.

c. Meminum air rebusan jahe+gula jawa:
Rebus jahe yang dicampur dengan gula jawa

Pastinya kalo obat kimiawi akan lebih aman kalo pake konsultasi dulu n resep dokter

Untuk mengatasi meriang/ demam lebih baik dipilih paracetamol (Panadol Biru, Biogesik Tablet dsb) yang termasuk kategori B Pregnancy Risk ratio. Yang kurang aman adalah Ponstan dan obat flu kombinasi (gabungan paracetamol, antihistamin dan obat pelonggar nafas).

Jika diperlukan, antibiotika yang cukup aman adalah yang masuk kategori B: Amoxicillin (amoxil, amoxan, kalmoxillin dsb), cefadroxil (cefat,cefspan, cefachlor) cukup aman. Yang kurang aman adalah Tetracyclin (kategori D), Ciprofloxacin (kategori C). Obat batuk yang aman adalah Obat Batuk Hitam (jangan yang dengan embel-embel Plus).


Prinsip menggunakan obat kala hamil

1. Pertimbangkan mengatasi penyakit tanpa menggunakan obat, terutama pada 3 bulan pertama kehamilan.
2. Obat hanya digunakan bila manfaat yang diperoleh ibu lebih besar dibandingkan kemungkinan resiko yang bakal terjadi pada janin.
3. Apabila harus menggunakan obat, pilihlah obat yang telah dikenal secara luas. Hindarilah penggunaan obat yang baru beredar karena belum cukup waktu untuk mengetahui keamanannya.
4. Hindari penggunaan obat polifarmasi – menelan berjenis-jenis obat (4 jenis lebih)
5. Cari tahu apakah obat yang akan digunakan aman sesuai kategori keamanan obat bagi ibu hamil. Bagi yang suka browsing di internet informasi dapat diperoleh di www.safefetus.com. Informasi lain dapat diperoleh dari Buku MIMS (Indonesian Index Medical Spesialite) berbahasa Indonesia terbaru yang banyak dijual di toko buku Gramedia dan Gunung Agung. Di halaman-halaman depan buku ini terdapat indeks obat dan kategori resiko untuk ibu hamil yang cukup lengkap.

Faryanda Nindia
Faryanda Nindia -

waktu saya hamil,saya hanya banyak2 istirahat dan banyak2 minum air putih..

Khodijah Jubaedah
Khodijah Jubaedah -

klo sy dl hamil sm skl ga berani minum obat bun.plg klo flu sy bnyk minum air putih sj dan makan buah..

MUGI RAHAYU
MUGI RAHAYU -

kalau obat kimia harus yang diresepkan dokter kandungan bunda.. kalau obat alaminya tidur cukup dan makan bergizi. coba deh sup ayam ...pengalaman saya kalau badan sudah mau flu saya langsung bikin sup ayam.. dan flu batal.. hehehee

Irta Fiddinia
Irta Fiddinia -

Anda hanya perlu mengunyah buah apel untuk menguatkan sistem imun tubuh ketika sedang lemah. Di dalam apel terkandung zat yang dinamakan quercetin – sebuah zat yang dapat menghancurkan virus influenza ketika tubuh sedang tidak fit.

Ya. Apel dan beberapa jenis makanan lain seperti bawang merah, brokoli, dan teh, merupakan sumber yang kaya akan quercetin. Penelitian terhadap zat ini dapat membantu meningkatkan kekuatan tubuh melawan stres, baik secara fisik ataupun psikologis.

Tidak hanya itu, quercetin juga dapat berfungsi terhadap beberapa jenis penyakit seperti penyakit cardiovascular, alzheimer, dan kanker pankreas.

Tentunya, dibanding obat flu, apel pastinya lebih bergizi, sehat, dan lezat. Jadi, simpan dulu deh obat flu Anda, dan segera pergi ke supermarket untuk membeli berkilo-kilo apel.


Tidak ada obat yang manjur untuk menghilangkan keluahan batuk, pilek, serta infeksi virus flu yang diderita ibu hamil. Normalnya, keluahan ini akan hilang sendiri setelah berisitirahat total selama 2 – 3 hari.

Obat aman:

* Parasetamol
* Madu ditambah peppermint, diseduh dengan air hangat
* Mentol dan minyak kayu putih untuk mengatasi hidung tersumbat
* Permen pelega tenggorokan