Hai Bunda, daftar disini

Puji Lestari

Puji Lestari

Umum

anak takut berjalan

ank saya sudah berusia 14 bulan tapi dia masih takut berdiri sendiri dan jalan, tapi kadang refleks kalo dia menangis dia jalan sendiri..bagaimana ya mengatasi ketakutan tsb?????

Komentar
7 Komentar
Mety Damayanti
Mety Damayanti -

perkembangan setiap anak memang berbeda, umumnya anak bisa mulai berjalan di usia 12 bulan atau krg lebih 1 tahun...oya ada trik yg bisa di coba nih...klo akbar di usia 9 bulan senenk sekali mendorong sesuatu yg bisa didorong dan itu memicu saraf motorik akbar untuk lebih mendorong suatu benda bergerak maju atau mundur, sehingga sensor motorik kaki dan tangan anak kita ikut terlatih dengan sendirinya....dan rasa takutpun akan hilang dengan sendirinya, serta insting(naluri)berjalan pun semakin mantap, karena sudah terlatih...dicoba ya bun,mudah-mudahna berhasil dan selalu support anak-anak kita pabila dia berhasil melakukan sesuatu selalu katakan.."BERHASIL...BERHASIL...anakk mommy, pinter, "

Tutik Handayani
Tutik Handayani -

yang penting dah bisa jalan meski takut2 bund di latih terus aja sambil di dampingi alias di titah entar lama2 juga berani

Robiatul Adawiyah
Robiatul Adawiyah -

sabar bunda,,,perkembangan anak beda2..
kl anak sy alhamdulillah 9 bulan dah lancar jlnnya,,,,
saran sy bunda leas aj d halaman, sy biasanya gt, sy biaarkan anak bermain d halaman kebetulan di halaman rmh ad jemuran yg stainlis gt, jd dia dorong2 jemuran smbl jalan tn dia sadari, kadang jg dia dorong2 bangku/kursi dr plastik gt, bunda cb aj semoga anaknya suka dan bs cpt berlari...amin...

Ika Indah Purwati
Ika Indah Purwati -

sabar bun...perkembangan setiap anak berbeda, coba berikan mainan atau makanan kesukaannya beri jarak beberapa langkah agar ia mau belajar jalan lagi

Harjantik Harjantik
Harjantik Harjantik -

coba bun anak dilatih berjalan tapi diberi alat bantu seperti sapu kecil biar dia tidak takut jadi ada pegangannya, beri contoh dia cara menyapu sehingga dia tertarik dan akhirnya mengikuti anda untuk menyapu, lama kelamaan tanpa disadari dia berjalan sendiri.selamat mencoba.

Indah Nursanti
Indah Nursanti -

Bunda.. Proses berjalan tiap anak berbeda-beda.
Jadi jangan terlalu khawatir jika si kecil masih mau "merangkak".

Dukung dan support si kecil dengan memberinya semangat contohnya:
"waaaahhh... adik pintar sudah bisa berdiri" ketika ia mau berdiri dan berjalan walau cuma beberapa detik saja.

Sudah pernah mengajak si kecil untuk jalan dengan kaki telanjang di rerumputan yang berembun bunda ? coba dech .. rumput menstimulasi syaraf-2 di telapak kaki si kecil..

Selamat Mencoba & Tetap semangat

Renny Wijaya
Renny Wijaya -

keponakan saya dulu juga takut sekali berjalan dikarenakan dia pernah terjatuh saat berjalan yang mengakibatkan bibirnya sobek,. jika anak takut berjalan, sebaiknya tiap hari di latih untuk berjalan tentunya di pegang oleh ibunya, sehingga dia tidak merasa takut lagi,tiap kali berjalan, si ibu membisikan ke telinganya bahwa dia tidak usa takut, mama selalu menemani disisimu, kamu tidak akan jatuh, mama akan selalu disampingmu, tidak perlu takut nak, motivasi tersebut bisa menghilangkan rasa takut, dicoba saja mom, semoga berhasil.. dan selalu katakan dia hebat ketika dia sudah bisa berjalan meskipun hanya beberapa langkah. jangan pernah katakan hal yang negatif didepan anak, misalnya memarahi dia ketika dia tidak mau berjalan.