Hai Bunda, daftar disini

Purwanto (Endah)

Purwanto (Endah)

Umum

Untuk Anak, Madu Lebih Ampuh daripada Obat Batuk

MADU dikenal mempunyai banyak manfaat. Satu sendok teh madu yang diminum sebelum tidur dapat meredakan batuk dan membantu anak tidur lebih nyenyak. Demikian hasil penelitian terbaru yang dilaporkan para orang tua terhadap anak-anak yang menderita batuk.

Obat tradisional ini lebih baik dari obat batuk maupun perawatan medis modern lainnya. Madu bermanfaat melegakan dan menyembuhkan luka pada tenggorokan. “Banyak sekali para orang tua yang ikut dalam penelitian ini. Dan mereka mengatakan apa yang dianjurkan nenek-nenek kita dulu memang benar, ” kata Kepala Tim Peneliti dari University’s College of Medicine, Negara Bagian Pennsylvania, Dr. Ian Paul. Hasil penelitian ini akan dimuat dalam Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine bulan ini.

Dewan kesehatan federal AS lama ini mengeluarkan peringatan supaya tidak menggunakan obat-obatan pereda batuk dan flu untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun. Selain itu, beberapa obat untuk bayi ditarik dari pasaran.

Tiga dokter anak yang juga ikut serta dalam penelitian ini menyarankan agar orang tua menggunakan obat tradisional seperti madu ini. Meski begitu, madu tidak boleh diberikan untuk anak di bawah usia 1 tahun karena dapat mengakibatkan keracunan makanan yang serius.

Penelitian ini melibatkan 105 anak yang menderita infeksi pernasan dari sebuah klinik di Pennsylvania. Orangtua diberikan sebuah tas kertas dengan instruksi dosis di dalammnya. Beberapa orang tua tidak mendapat catatan dosis khusus, beberapa lainnya diberikan instruksi dosis untuk obat flu rasa madu yang mengandung dextromethorphan sesuai dengan usia anak. Beberapa yang lain menggunakan dosis tertentu madu.

Selanjutnya, orangtua diminta untuk memonitor tidur dan batuk anak yaitu, sekali sebelum dan sesudah. Rata-rata anak menderita gejala infeksi pernafasan ini pada skala 7. Setelah penelitian kondisi kesehatan seluruh anak menjadi lebih baik. Namun, anak-anak yang diminumi madu mencapai perkembangan yang lebih baik.

“Berikan dosis sedikit-sedikit maka mereka akan menjadi lebih baik,” kata Pat Jackson Allen, profesor di University School of Nursing, Yale.

Penelitian ini dibiayai Dewan Madu Nasional, sebuah industri yang didiriakan Departemen Pertanian Amerika Serikat. “Namun dewan ini tidak ikut campur terhadap desain penelitian, data maupun hasilnya,” kata Paul. (ap/cpk)
Obat batuk tradisional anak.. Oct 23, '08 11:36 AM
for everyone


Akibat pusiiiing tujuh keliling ngeliat kondisi anak pertama-ku yang bolak balik batuk pilek setelah mulai preschool nya, sampe bosen ngasih minum obaaaaaat mulu, di tambah ati gak tega juga ngeliatnya, anak kok minum obat terus..

Ku mau coba resep2 tradisional yang ku dapet dari milis ayahbunda online, moga2 bisa bantu ringan'in batuk pilek-nya anak-ku....

Jeruk Nipis
Untuk mencairkan dahak dan obat batuk anak. Caranya, campur 1 sdm air perasan jeruk nipis, 3 sdm madu murni, 5 sdm air matang, lalu ditim selama 30 menit. Takaran minum bayi antara usia 6-1 tahun : 2 kali 1/2 sdt ; anak 1-3 tahun : 2 kali 1 sdt; anak 4-5 tahun : 2 kali 1 1/2 sdt.
Cara lain, potong 1 buah jeruk nipis, peras airnya, taruh dalam gelas/cangkir. Tambahkan kecap manis, aduk. Takaran minum untuk anak, 3 kali 1 sdt per hari.

Kencur
Untuk meringankan batuk pada anak. Caranya, 5 gram kencur segar dicuci bersih, parut, lalu tambahkan 2 sdm air putih matang dan diaduk. Setelah disaring, tambahkan 1 sdm madu murni. Berikan 2-3 kali sehari.


Komentar
6 Komentar
Harini
Harini -

Tapi Hati2 terhadap bayii di bawah 1 Tahun, dapat berbahaya. Jangan memberikannya

Nana Emanuel
Nana Emanuel -

Halloo bunda...kira2 aman ga ya obatnya buat bayi umur 6 bln?

Sunanti Nurcholis
Sunanti Nurcholis -

madu emang TOP BGT. sejak anakku konsumsi rutin madu, jd ga pernah sakit

Nevvy Haryunistiane
Nevvy Haryunistiane -

Nice info bunda..
Eh bunda tu kemana ajjah aku baru ketemu hari ini.. Hehhe

Yuni Sulistiyaningsih
Yuni Sulistiyaningsih -

nice info bunda.......
kebetulan anakku pas lagi kena batuk nih.....
"like" buatmu yah bunda......

Renny Dwiana
Renny Dwiana -

terima kasih infonya bunda...anak saya yang besar sering sekali batuk.mudah2an tips dari bunda ini bisa bermanfaat... :)