Hai Bunda, daftar disini

Eko Ariyanti

Eko Ariyanti

Umum

Tips setelah operasi caesar....

Persalinan dengan operasi caesar menyisakan luka jahitan bekas robekan sebanyak 7 lapisan pada jaringan perut, mulai dari permukaan kulit hingga dinding rahim. Kondisi inilah yang menimbulkan risiko infeksi luka caesar.

Namun, bila luka dijaga kebersihannya dengan baik, risiko terinfeksi hanya sebesar 1%. Infeksi umumnya terjadi pada hari ke-3 hingga ke-7 setelah persalinan.

Penyebab: Bisa karena peralatan operasi yang kurang steril, reaksi tubuh ibu terhadap bahan dasar benang jahit, jahitan jaringan yang terlalu besar, dan kebersihan luka kurang dijaga dengan baik.

Gejala: Kulit di sekitar luka jahitan tampak kemerahan, meradang, bengkak, terasa sakit, panas, dan gatal. Bila luka ditekan terasa nyeri, ke luar cairan putih kekuningan atau darah di sela-sela jahitan.

Pengobatan: Dengan membuka kembali luka untuk mencegah infeksi bakteri anaerob (hidup tanpa oksigen) yang ganas, memberikan obat antibiotik, membersihkan luka, memberikan obat antiseptik, istirahat, dan tidak melakukan aktivitas yang melibatkan gerakan membungkuk.

Pencegahan: Menjaga agar luka jahitan tetap kering, berikan obat antibiotik, mengganti perban secara rutin, mengoleskan cairan antiseptik sebelum menempelkan perban yang baru, menjaga agar luka tidak sampai tergores atau tertekan.

Komentar
4 Komentar
Vivi Fitriana
Vivi Fitriana -

saya juga pernah mengalami infeksi setelah caesar, wkt itu jahitan sy 1 atau 2 minggu stlh operasi hasilnya krg baik, dokter bilang setiap 3 jam sekali sy harus mengeluarkan spt cairan/nanah pd bekasi jahitan operasi dengan memencet n mengganti perbannya, sampai badan sy panas tengah mlm dan itu membuat sy tersiksa n lama proses pemulihanya.
sy tanya apa sebabnya : ktnya ini pengaruh ibunya strees atau ketakutan mau operasi
sampai skrg sy masih berfikir apa benar itu sebabnya?????
pd kelahiran ank kedua cesar jg justru sy lbh takut krn trauma cesar pertama, tp alhamdulilah jahitannya baik2 sj, malah lbh cepat pemulihannya....
bunda...moga pengalaman ini bisa bermanfaat utk bunda2 yg lain

Nila Sari Suaden
Nila Sari Suaden -

memang kalau dibanyangkan serem bunda cyka, namun kalau dijalani jg ngak serem serem amat temanku nih malah abis operasi ngak pake sakit langsung beraktivitas seperti normal aja... pengaruh apa yaa.....aku jg ndak tau, yg penting jaga kesehatan dan kebersihannya mungkin yaa......

Agusta Indah
Agusta Indah -

ih..serem yach...aku lebih takut kalau operasi..alhamdulillah anakku normal....yg sakitnya bukan main tp itulah seni jadi seorang ibu kta orang tua....

Kiki Dian Renisari
Kiki Dian Renisari -

Dan yang pasti adalah jangan konsumsi jamu karena pernah saya nekat konsumsi jamu (sinsei) dan hasilnya adalah pendarahan (waktu anak pertama). Ya memang nggak tau juga apakah ada kaitannya tapi saya jadi kapok. Anak kedua saya nggak minum jamu dan hasilnya baik-baik saja tuh setelah caesar.