Hai Bunda, daftar disini

Laila Meini

Laila Meini

Umum

Tips Cara Membiasakan Anak Bangun Pagi

Bagi sebagian orang tua merasa untuk membiasakan anak bangun pagi merupakan sesuatu yang sulit. Namun sebenarnya untuk membiasakan anak bangun pagi sangatlah mudah. Brikut ada beberapa cara agar membiasakan anak bangun pagi.

1. Aturlah jadwal tidur malam anak. Mengatur jadwal tidur anak pada saat malam hari sangatlah penting agar pada pagi hari kondisi anak menjadi segar. Jika anak tidur malam dengan tetap waktu akan dapat bangun tepat waktu di pagi hari.
2. Biasakan membuka tirai kamar anak pada saat pagi hari. Paparan sinar matahari dan udara pagi yang sejuk akan dengan perlahan membangunkan si kecil yang sedang tertidur. Selain itu sinar matari pagi dan udara pagi sangatlah menyehatkan bagi tubuh anak.
3. Bangunkan si kecil dengan belaian dan kata-kata lembut. Pada saat anak bangun dari tidur, otak belum bekerja secara optimal, maka gunakanlah bahasa yang lembut untuk melatih otak si kecil menuju alam sadarnya.
4. Berikan motivasi sebelum anak tidur malam. Motivasi sebelum tidur akan sangat bermanfaat untuk membiasakan anak bangun pada pagi hari. Sebelum tidur misalkan Anda bercerita dongeng yang berkisah tentang pentingnya bangun pagi dan lain sebagainya.
5. Jangan membiasakan makan sebelum tidur. Jika Anda memberi makanan berat pada si kecil sebelum tidur hal ini tidak baik untuk kesehatan dan pencernaannya. Makan sebelum tidur menyebabkan pula anak cenderung bangun terlambat pada pagi harinya. Selain itu anak akan cenderung masih mengantuk karena proses mencerna makanan belum sempurna.
6. Lakukan aktivitas menyenangkan pada pagi hari. Pada saat pagi hari anak cenderung masih bermalas-malasan untuk bangun dari tempat tidurnya. Hal ini dapat diatasi dengan mengajaknya jalan-jalan atau olahraga pagi. Kegiatan menyenangkan ini akan menyebabkan anak akan terbiasa untuk bengun pagi karena bangun pagi itu kegiatan yang menyenangkan.
7. Berilah contoh pada anak untuk bangun pagi. Contoh dari Anda sebagai orang tua merupakan contoh terpenting untuk membiasakan anak bangun pagi. Pada pagi hari sebelum Anda membangunkan anak, usahakanlah Anda sudah berada dalam kondisi yang segar dan mencerminkan Anda sudah siap untuk beraktifitas.

Komentar
5 Komentar
Laila Meini
Laila Meini -

pada pinter semua tuch..
jd ngak susah klo emang sdh terbiasa bangun pagi nanti pas sekolah..

Nevvy Haryunistiane
Nevvy Haryunistiane -

Alhamdulialh anak kita rajin-rajin yaa..

Lia Rahayu
Lia Rahayu -

si kecil terbiasa bangun pagi bund, saat subuh2...:)

Anisa Naylatulkarimah
Anisa Naylatulkarimah -

anakku selalu bangun pagi bunda.. jam setengah 5 ato jam 5 pagi udah bangun :)

Nevvy Haryunistiane
Nevvy Haryunistiane -

Anak saya justru bangunnya duluan saat saya belum bangun...itu juga yang bangunin dia...hehehe