Hai Bunda, daftar disini

Bimo&zafira Mom

Bimo&zafira Mom

Umum

Tips Agar Anak Mau Sikat Gigi :

1. Mulai biasakan kegiatan membersihkan mulut beberapa hari sejak anak lahir dengan dengan kassa atau sikat gigi khusus bayi dari silicon yang dicelupkan ke air hangat. Lakukan hal tsb tiap pagi dan malam meskipun ia belum mempunyai gigi. Dengan membersihkan sisa-sisa susu dari mulut anak akan membiasakan anak akan keadaan mulut yang bersih, sehingga ia akan selalu menginginkan keadaan tersebut dan saat giginya sudah mulai tumbuh dia tidak memberontak atau menggigit tangan ibu ketika akan membersihkan giginya.

2. Ajak anak melihat Moms ketika menyikat gigi, kemudian ajak anak menyikat giginya sendiri. Buat kegiatan menyikat gigi menjadi kegiatan yang menyenangkan dan penuh tawa. Tunjukkan kepada anak betapa menyenangkannya kegiatan tersebut. Usahakan agar Moms and Dads juga konsisten dalam menyikat gigi agar anak dapat mengikuti tingkah laku orangtuanya.

3. Jelaskan kepada anak apa yg akan terjadi jika mereka tidak menyikat giginya dengan bahasa yg dimengerti anak. Ceritakan tentang kuman-kuman jahat yang akan memakan gigi mereka jika mereka tidak menyikat gigi.

4. Jadikan kegiatan menyikat gigi seperti kegiatan bermain yang mengasyikan, misalnya dengan bermain menyikatkan gigi boneka kesayangan anak.

5. Buat permainan, atau lagu yang menemani anak selama menyikat gigi, misalnya dengan berganti-gantian saling menyikat gigi, Moms menyikatkan gigi anak, anak menyikatkan gigi Moms, dan beri anak pujian jika ia telah melakukannya dengan baik. Hal ini dapat mempererat interaksi ibu-anak dan memberikan otonomi kepada anak untuk melakukan apa yg ingin dia lakukan.

6. Beli beberapa sikat gigi yang lucu, dan biarkan anak memilih sikat gigi mana yg ingin dia pakai tiap kali ingin menyikat gigi. Hal ini akan membuat anak merasa mengontrol kegiatan menyikat gigi.


7. Lakukan kegiatan menyikat gigi sambil menonton TV atau film kesukaan anak supaya anak terdistraksi dan lebih bersemangat menyikat gigi.

dalam prakteknya pasti tidak semudah yang ditulis dalam tips ini, tapi jangan putus asa, anak-anak adalah pribadi yg cepat belajar jika kita tetap konsisten melakukan dan mengajarkannya pasti mereka lama kelamaan terbiasa dengan kebiasaan baik ini.
Selamat mencoba... :D


Komentar
4 Komentar
Lia Rahayu
Lia Rahayu -

bunda, kalau putri kecilq suka sikat gigi karena rasa pasta giginya yang ia suka yaitu rasa strawberry.

Ida Elisia
Ida Elisia -

Makasih buat infonya bunda, anakq sekarang udah mau sikat gigi sendiri.

Bimo&zafira Mom
Bimo&zafira Mom -

kembali kasih bunda.... :)

Suzeen
Suzeen -

Thx ya... Bunda, Akhirnya dpt jg tips menyikat gigi bt putri kecil ku :)