Hai Bunda, daftar disini

Yuni Sulistiyaningsih

Yuni Sulistiyaningsih

Umum

Tipe Karakter Anak

Gaya anak saat menggunakan kloset, menunjukkan karakternya. Kesabaran dan kemampuan orang tua untuk menganalisa, sangat dibutuhkan untuk mengetahui tipe apakah balita Anda, dilihat dari perilakunya saat belajar menggunakan kloset untuk buang air besar. Berikut ini ada 6 tipe klasik yang mudah dikenali dari tindak tanduk anak saat belajar buang hajat dan bagaimana Anda bisa membantunya agar ia dapat segera menguasainya:

Si pendidik atau pakar keuangan. Anak bisa dengan anteng duduk hingga 15 menit di atas kloset. Namun bukan karena lama buang air besar, dia malah asyik bermain atau melakukan hal lain yang menurutnya lebih seru seperti menyanyi. Bahkan permintaan Anda untuk selesai mandi dianggapnya angin lalu. Ketidakpatuhannya ini juga bisa membuat Anda cemas, karena ia seperti anak yang terlambat dalam fase tumbuh kembangnya. Memakaikan dia popok sekali pakai karena terlalu lelet di toilet hanya akan memperburuk keadaan. Bisa-bisa anak belum bebas popok saat ia duduk di taman kanak-kanak. Karakter: meski sekarang terlihat lambat, dia diprediksi akan menjadi akuntan atau menekuni bidang keuangan, karena kemampuannya duduk berjam-jam. Dia juga bisa menjadi dosen atau guru karena kesabaran dan kegigihannya dalam mengajar. Bravo!

Si Ilmuwan. Sebelum atau setelah latihan menggunakan kloset, anak kerap melakukan eksperimen. Entah menekan tombol flush berkali-kali dan mengamati mekanisme pusaran air atau penasaran meneliti air bilasan kloset yang bisa dengan cepat berubah warna menjadi bening. Saat dia sudah berhasil lepas dari popok, dia akan semakin tergila-gila dengan cara kerja berbagai macam alat sanitasi dan sangat hobi meneliti.
Karakter: ia diprediksi akan menjadi seorang insinyur, peneliti, ahli perangkat lunak dan komputer hingga professor di bidang fisika. Anda boleh bangga!

Si Cerdik yang sesuka hati. Bila anak hendak buang air dan Anda sadar akan tindak tanduknya yang berbeda, ia dengan keras kepala akan menolak didudukkan di atas kloset. Pasalnya, ia lebih suka buang air sambil tetap bermain atau sembunyi di bawah meja. Anda baru sadar dia sudah selesai buang air besar ketika mencium bau tidak sedap di dalam ruangan. Berulang kali Anda membelikan dia dudukan kloset atau kloset mini agar dia mau belajar, tapi lebih sering Anda dibuatnya gemas dan putus asa karena dia tak senang dengan aturan main Anda. Karakter: menjadi si kepala batu.

Si Kritis. Saat belajar menggunakan kloset, dia akan bertanya mengapa dia harus melakukannya di kloset. Si kritis sangat senang bertanya dan tanpa diminta akan memberikan komentarnya. Contohnya saat sedang ke mal, dan seorang nenek keluar dari kamar kecil, dengan lantang ia bertanya, “ Baru selesai pup ya?” Tanpa malu-malu, setelah buang air besar ia juga akan menginformasikan hasilnya pada siapa saja yang ditemui. Dengan suara keras ia menceritakan warna, bau dan ukuran pup-nya tanpa sensor. Sebagai orang tua, Anda kerap dihadapkan pada situasi tidak nyaman karena rasa keingintahuan dan kegemarannya memberi informasi. Karakter: dia akan menjadi komunikator handal, diawali dengan juru bicara sekolah, juru bicara perusahaan, humas hingga juru bicara kepresidenan.

Si tukang pamer. Anak rajin bolak balik ke kamar mandi dan kalau bisa kemana pun pergi membawa pispot mini kesayangannya. Hal ini dia lakukan untuk mendapat tepuk tangan dan pujian dari orang-orang terdekat, bahkan orang lain. Saat berkunjung ke rumah orang, ia dengan berani akan bertanya, “Di rumah ini ada kamar mandinya?” Kemudian dia memakai kamar mandi untuk pamer. Akibat kegemarannya ke kamar kecil, dia mudah marah jika kesulitan membuka celana berkancing banyak. Karakter: diramalkan dia akan menggeluti dunia hiburan, entah menjadi model, aktor maupun penyanyi.

Si petualang. Anak hobi memberi tanda akan kehadirannya. Jika sudah mahir, ia akan buang hajat di setiap tempat yang didatanginya. Dari kamar kecil di mal, sekolah, taman bermain sampai kamar mandi tetangga, pasti dijajakinya. Jika dia masih dalam proses belajar, akan tercium aroma tak sedap di setiap lokasi yang pernah dia datangi. Tak peduli di kolam renang, garasi sampai kamar tidur Anda pun siap jadi korban kegemaran buang hajatnya. Anak umumnya berkarakter pragmatis. Apa yang harus dilakukan, dilakukan saja tanpa melihat tempat. Karakter: dia akan menjadi pemandu wisata atau business man/woman yang sering bepergian. (me)

Komentar
4 Komentar
Yuni Sulistiyaningsih
Yuni Sulistiyaningsih -

terima kasih kembali bunda.......

Anisa Naylatulkarimah
Anisa Naylatulkarimah -

info yang bagus bunda Yunisan :)

Ayu Ardiana
Ayu Ardiana -

terima kasih infonya bun

Lina Marliana
Lina Marliana -

makasih infonya bunda...