Hai Bunda, daftar disini

EPI YUNISARI

EPI YUNISARI

Umum

Tidur larut malam.

Saya seorang ibu pekerja. Anakku aliya usianya 2 tahun 8 bulan. Setiap malam pasti tidurnya lewat dari jam 11 malam. pernah saya coba masuk kamar tidur lebih awal, tapi tetap saja dia tidurnya jam 11 lewat. Bahkan kalau siangnya tidak tidur, tetap saja malamnya tidur larut. Ada yang bisa bantu saya?

Komentar
2 Komentar
SUSI LOWATI
SUSI LOWATI -

Sama dg anakku.suka tidur larut malam,kalw udah malam susah sekalì menyuruhnya tidur.kita senasib ya,bunda

PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Beberapa anak yang ibunya bekerja merasa kangen bermain dengan ibunya sehingga jadi tidur lebih malam. Namun kalau dia sudah cukup capek di siang hari, dia bisa kok tidur lebih cepat. Jadi coba deh Bunda kerjasama dengan pengasuhnya agar ketika siang hari anak lebih banyak beraktivitas, jangan sampai nonton TV. Mungkin pengasuh bingung anak diminta melakukan apa, jadi Bunda usahakan untuk memberikan ide berbagai aktivitas yang bisa dijalankan, yang kiranya membuat anak cukup lelah (usahakan ada aktivitas fisik).

Di malam hari, sudah betul bahwa Bunda harus masuk kamar lebih cepat, bukankah Bunda lelah juga? Tentu saja sebelumnya sudah dilakukan ritual tidur, seperti mencuci kaki dan tangan, sikat gigi, ganti baju tidur, dll, boleh termasuk mendongeng dan berdoa. Setelah melakukan ritual tersebut, matikan lampu, kunci pintu, abaikan apapun yang anak lakukan. Walaupun anak menggigit atau berlari, biarkan saja (sudah tentu Bunda harus yakin bahwa kamarnya aman), jangan terbangun ataupun meladeni anak. Karena diabaikan, anak akan belajar bahwa perilaku ’masih bangun terus’ ini tidak disukai, sehingga dia akhirnya akan berusaha tidur. Esok paginya, semalam apapun dia tidur, tetap usahakan bangun pagi (anak boleh tidur lagi setelah ritual pagi seperti mandi dan sarapan).

Nah, tentu saja ini tak bisa dijalankan dalam 1-2 hari. Semakin konsisten Bunda, semakin berhasil. Artinya, kalaupun dijalankan setiap hari, kita akan segera melihat hasilnya dalam beberapa bulan yang akan datang. Lama? Tidak juga. Kita kan sedang bekerja dalam suatu proses, proses perkembangan anak – yang memang berlangsung bulanan bahkan tahunan. Semoga sukses mencoba ya!