Hai Bunda, daftar disini

Maria Novalia

Maria Novalia

Umum

Teori pengalihan.....tepatkah untuk anak?

sering kalau mama saya lihat anak saya nangis karena minta sesuatu atau rebutan mainan dengan kakaknya, trus mama saya bilang begini.." eh...yuk...yuk kita liat kucing yuk...tuh...tuh ada kucing( anak saya suka sekali dengan kucing)"padahal belum tentu ada kucing yang lewat.....maksudnya sih supaya anak teralihkan perhatiannya dan berhenti menangis.

namun saya kurang setuju dengan cara pengalihan yang demikian......saat anak menangis, marah atau ngambek.biarkan saja dulu, setelah dia tenang barulah kita beri pengertian ..... anak mengerti kok kalau kita ajak diskusi.....jangan perhatiannya dialihkan kehal yang lain.....karena akan mendidik anak untuk lari dari masalah dan bukan menyelesaikannya.

bagaimana kalau nangisnya di mall atau ditempat umum? malu donk dilihat orang anak kita nangis minta sesuatu tidak kita turuti?? kalau saya cuek aja bunda....tanamkan dihati ,saya sedang mendidik anak saya dan ini saya anggap tepat dan berguna untuknya dimasa depan. katakan padanya .....kalau tidak berhenti menangis kita pulang tidak jadi jalan-jalan...dan lakukan itu jangan sekedar menggertak saja. mendidik anak lebih penting dari jalan2 dimall kan bunda.

jadi jika anak menangis karena sesuatu sebaiknya dicari tau penyebabnya dan selesaikan agar anak terbiasa menyelesaikan masalah dan bukan mengalihkan atau lari dari masalah.

Komentar
0 Komentar