Hai Bunda, daftar disini

Dian Maya Sari

Dian Maya Sari

Umum

Tanda Lahir Membesar, Berbahayakah?

Sejak lahir, bayi saya yang berusia 8 bulan memiliki tanda merah di kepala. Masalahnya, tanda tersebut membesar. Perlukah ke dokter khusus?

Menurut dokter spesialis anak, dr. Waty, sangat mungkin tanda merah di kepala bayi Anda merupakan hemangioma alias tanda lahir. Yuk, Ma, baca lagi tentang apa itu tanda lahir membesar pada bayi:

Umumnya, tidak butuh terapi apapun, serta pada usia 10 tahun hemangioma pun menghilang dan tidak terlihat lagi. Hemangioma adalah kumpulan pembuluh darah, sehingga tampak agak merah. Meski begitu, hemangioma bukanlah kanker pembuluh darah dan tidak ganas. Beberapa penelitian menunjukkan, kemungkinan penyebab terjadinya hemangioma terkait dengan protein tertentu dari plasenta saat kehamilan.

Dalam waktu 1 tahun pertama, hemangioma akan membesar. Pertambahan diameternya sekitar 5 - 7,5 cm. Di atas usia 1 tahun, tanda lahir ini secara perlahan akan berwarna lebih muda dan menipis. Pada sebagian anak, hemangioma bahkan sudah menghilang pada usia 2 tahun.

Anda tidak perlu ke dokter khusus, melainkan cukup membawa anak ke dokter anak langganan Anda. Mintalah dokter untuk memantau perkembangan hemangioma anak pada setiap kunjungan.

Anda perlu menghubungi dokter, bila hemangioma anak berdarah, terbuka dan menjadi luka, menjadi keras ketika diraba, mengalami infeksi, atau tumbuh sangat cepat.

Meski jarang, ada sebagian kecil kasus yang membutuhkan terapi laser. Misalnya, jika hemangioma 'robek' dan terbuka menjadi luka. Bila dibiarkan begitu saja, luka ini sangat nyeri, mudah berdarah, serta mudah infeksi.

Komentar
0 Komentar