Hai Bunda, daftar disini

Rully Impiani

Rully Impiani

Umum

TIPS MENCEGAH KRAM KAKI PADA WANITA HAMIL

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah keluhan kram kaki pada wanita hamil:
1. Regangkan otot kaki dan betis selama beberapa saat tiap harinya, khususnya ketika sebelum tidur.
2. Hindari berdiri atau duduk terlalu lama dengan kaki menyilang.
3. Putar pergelangan kaki dan goyang jari-jari kaki bunda ketika bunda sedang duduk agar peredaran darah menjadi lancar.
4. Penting sekali bagi wanita hamil untuk melakukan olahraga ringan (yang tidak berbahaya bagi wanita hamil), seperti berjalan, berenang, guna melancarkan sirkulasi darah dan melenturkan otot-otot tubuh yang tegang. Hentikan melakukan olahraga bila ada indikasi medis yang melarang bunda melakukannya.
5. Minumlah air putih yang cukup banyak sepanjang hari. Air putih penting bagi sendi-sendi otot tubuh layaknya pelumas bagi sendi otot.
6. Usahakan untuk tidak terlalu lelah dalam beraktivitas, istirahatlah bila memang tubuh bunda memerlukannya. Beristirahat dapat mengendurkan otot-otot yang tegang.
bunda dapat beristirahat sambil meluruskan kaki bunda dengan posisi kaki sedikit dinaikkan (dimiringkan ke atas). Hal ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah dari dan ke kaki bunda. bunda bisa berbaring di tempat tidur dan meletakkan kaki di atas bantal atau di dinding. Namun perhatikan, jangan sampai terlalu lama melakukannya atau posisi tersebut menekan perut dan membahayakan bunda.
7. Cobalah berendam dalam air hangat sebelum tidur. Aktivitas ini dapat mengendurkan otot-otot tubuh dan membantu mengurangi kejang otot.
8. Dokter atau petugas medis yang mengawasi kehamilan bunda menyarankan, bunda bisa mengkonsumsi suplemen magnesium. Magensium telah terbukti dapat menurunkan kekejangan otot kaki.
9. Juga disarankan untuk mengkonsumsi asupan kalsium yang cukup untuk memperkuat tulang dan otot tubuh. Wanita hamil membutuhkan sekitar 1000 mg kalsium per hari. Asupan kalsium yang cukup selain dapat memperkuat tulang dan otot tubuh juga sangat diperlukan untuk pembentukan dan perkembangan tulang bayi.
Beberapa sumber kalsium yang baik untuk dikonsumsi misalnya susu, produk olahan susu, tahu, salmon, sayuran hijau seperti brokoli (Baca lebih jauh tentang seberapa banyak kandungan kalsium pada brokoli di sini), sawi bok coy.
Jika keluhan kram pada kaki bunda semakin lama semakin parah, semakin sering terjadi dan sangat mengganggu bunda, konsultasikan hal tersebut kepada dokter bunda mengenai hal ini untuk mendapatkan cara penanganan yang tepat. Bengkak atau kejang terlalu berlebihan pada kaki bisa jadi merupakan tanda bunda mengalami kondisi pembekuan urat yang berarti bunda mengalami pembekuan darah pada urat tubuh. Kondisi pembekuan seperti ini merupakan gejala serius yang harus segera ditangani dan dikonsultsikan ke dokter.

semoga bermanfaat ^ ~ ^ :D

Komentar
1 Komentar
EVA HERLIYANTI
EVA HERLIYANTI -

thanks moms,,buat artikelnya pastinya bermanfaat banget nech ilmunya jika kelak saya hamil lg,,,secara pas hamil pertama juga sering banget kram,,,,