Hai Bunda, daftar disini

Giat Ati

Giat Ati

Umum

Supaya anak agar cepat bicara

Assallamu'alaikum wr.wb.
Salam sejahtera ibu dan balita,
saya mempunyai anak laki-laki yang sudah berumur 1tahun 10 bulan.
tapi sampai sekarang belum bicara bicara,tapi sudah mengerti dengan apa yang kita bicarakan dan arahan kita. sudah bicara sekata dua kata. misal mam=makan, nyum=minum.
mungkin hanya kata2 itu aja yang sering dia ucapakan.
dan sering marah dan ngambek,padahal apapun yang dia minta sering kita turuti.
misal klu dijalan nunjuk mainan dan makanan,insyaallah klu kita ada pasti kita turuti.
Mohon saran dan bimbingannya dari Ibu dan Balita.
terima kasih,
Wassalamu'alaikum wr.wb.

Komentar
6 Komentar
Siti Rosyana
Siti Rosyana -

sabar bun, tetap ajari si kecil berbicara bs dg bercerita , bernyanyi atau lainnya yg penting bunda telaten dan jangan patah semangat..gudlak ya bun

Zubaidah Yaniarti
Zubaidah Yaniarti -

Setuju dengan jawaban jawaban sebelumnya. Agar anak bisa bicara ya harus banyak kita rangsang perkembangan bahasanya. Bisa dengan bercerita dengan semua hal yang sedang dialami, ajak anak bicara setiap saat,, membaca buku cerita,bermain boneka dsb. Menyanyi juga bisa jadi sarana untuk mengembangkan bahasanya lho... Alhamdulillah anakku sekarang 20 bln dah bisa ngomong banyak walaupun kosakatanya kadang belum jelas, atau kadang bolak balik kalimatnya

Nani Sutoro
Nani Sutoro -

walaikumussalam bunda...
wah problemnya sama nih anakku udah 19bln blm bisa ngomong juga jadi bingung khawatir cemas.beberap perintah sebenarnya dia udah mengerti udah bisa di suruh.contohnya udah bisa ambilin minum di kulkas,udah bisa di suruh ambil pampers or baju di lemari bahkan udah bisa rapikan mainan sendiri.tapi klo ngomong sedikit banget klo dia manggil ayah=aey.gendut=Dut dan meniru suara sapi dan kambing.dan klo di tanya paling jawabannya iya dan gak..klo seperti ini apa perlu di terapi?

Lilis Puthu
Lilis Puthu -

Anak saya jg dulu gt Bund..,yg penting ajak si kecil mengobrol n berkomunikasi sesering mungkin,biarkan dia bersosialisasi dg teman2ny yg sebaya atau yg sdh lancar berbicara nti dia pun akan terpancing untuk mngobrol,anak saya adlh tipe anak yg aktif n g bs diem,suka jajan n sering ngambekan jg,dampingi aj si kecil Bund saat dia perlu perhatian,blg klo kita sayang padany tp kita g suka dia bersikap manja,dia g harus marah atau ngambek sprti itu karena kita pst berusaha memberikan yg terbaik,gendong sambil bersikap manis padany,mdh2n dgn memberi pengertian sprti itu dia mau mnurut n g ngambekan lg..

Bundanya Queisha Aletha
Bundanya Queisha Aletha -

Salam kenal Bunda Giat Ati, penyebab anak terlambat bicara ada bermacam-macam faktor : ada ganguan pada pendengaran karena dengan menurunnya daya tangkap dalam mendengar, akan mengalami keterlambatan kemampuan menerima atau menggunkapkan bahasa, Bunda apakah sudah pernah melakukan tes pendengaran?. Ada juga faktor : Lingkungan dan emosi anak, lingkungan yang tidak mendukung akan menyebabkan anak mengalami ganguan berbicara dan bahasa pada anak termasuk lingkungan keluarga,misal: gagap dapat d sebabkan oleh kekhawatiran dan perhatian orang tua yang berlebihan pada saat anak mulai belajar bicara,tekanan emosi pada usia yang sangat muda sekali,dan dapat juga sebagai respon terhadap konflik dan rasa takut. yang akhirnya menyebabkan problem emosional pada anak. selain itu ada faktor :sistim produksi suara pembentukan bunyi untuk artikulasi bicara. sekarang ada terapi wicara yang ada d center anak berkebutuhan kusus. ato bs juga d ajari d rmh ketika anak meminta sesuatu dngan memegang tangan bunda,bunda bs membantunya dngan ikut mengatakan yang d minta, misal menunjuk mobil bantu katakan moobil. good luck Bunda...

Lia Rahayu
Lia Rahayu -

Salam kenal bunda Giat Ati,
Bunda,sejak masih bayi, sebenarnya anak sudah bisa diajarkan untuk berbicara. Sejak lahir bayi sudah bisa mendengar dan mengerti suara, terutama milik ibunya. Bayi akan bereaksi pada suara melalui gerakan atau ekspresi wajah.

Untuk melatihnya berbicara ada banyak cara mudah yang bisa dilakukan orangtua atau orang di sekeliling bayi. Melatih bayi berbicara akan lebih cepat jika si kecil mempelajari kata-kata dan menyusun kalimat. Selain itu, dapat merangsang perkembangan emosi, komunikasi sosial dan perkembangan kecerdasannya.

Ada lima langkah yang bisa Anda lakukan untuk melatih bayi berbicara, yaitu:

1. Bertanya pada bayi

Ajukan selalu pertanyaan pada bayi atau anak mengenai banyak hal. Misalnya, "Kenapa menangis?", atau "Adik mau biskuit?".

2. Mengomentari perasaan bayi

Jangan segan untuk mengomentari perasaan anak, baik saat dia gembira ataupun rewel. Misalnya, "Adik suka mainan baru ya?" atau "Wah, kok rewel, kepanasan ya, sayang?"

3. Mengomentari keadaan buah hati

Komentar positif akan sangat membantu merangsang abak untuk bisa cepat bicara. Komentar Anda seperti pelajaran bagi anak. Anda bisa melontarkan komentar saat ia mengenakan pakaian baru atau berhasil menghabiskan makanannya.

4. Bercerita

Anda bisa bercerita tentang benda di sekitar pada anak atau pun mendongeng menggunakan buku cerita penuh warna. Anak akan menyerap kata-kata baru dan perbendaharaan katanya bertambah.

5. Mengomentari perilaku si kecil

Saat si kecil mulai berdiri atau belajar duduk, berikanlah komentar positif. Dengan begitu ia akan termotivasi untuk berkomunikasi dengan Anda lebih intensif.

Semoga bermanfaat bunda......:)