Hai Bunda, daftar disini

Muarifah Arifah

Muarifah Arifah

Umum

Sehat dan Segar Bermain Di Luar Rumah

Bagi anak-anak, terutama yang masih berusia di bawah 1 tahun, menghabiskan waktu untuk bermain di luar rumah adalah pengalaman baru yang luar biasa. Permainan di luar rumah banyak mengajarkan norma-norma positif, kreatif, serta membangun kebersamaan. Bermain di luar rumah juga bisa mengembangkan jiwa sosialisasi si kecil, serta menambah pertemanan.

Bagi bayi, bermain di luar rumah menawarkan sejumlah manfaat yang bisa mendukung tumbuh kembangnya. Untuk kesehatannya, si kecil yang bermain di luar rumah bisa mendapatkan asupan vitamin D karena paparan sinar matahari, bila bermain di pagi hari, serta udara segar yang bisa melancarkan pernapasannya dan mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskuler dan juga obesitas, karena frekuensi gerak tubuh si kecil di luar rumah cenderung lebih tinggi sehingga bisa membakar lemak di dalam tubuh. Selain itu, bermain di luar rumah juga dapat meningkatkan kemampuan indera penglihatan si kecil, karena objek yang dilihat lebih bervariasi, secara bentuk, warna, dan ukuran.

Dari segi sosial, bermain di luar rumah juga membuat si kecil bisa lebih percaya diri dan mandiri karena berkesempatan untuk memeroleh teman yang lebih banyak. Semetara dari segi komunikasi, dengan memeroleh banyak teman baru, si kecil bisa mengembangkan keterampilan bicara dan berbahasanya. Anak-anak yang bermain di luar mampu belajar untuk menangani pertengkaran mereka sendiri, bernegosiasi soal giliran siapa yang bermain, belajar melakukan kerja sama tim saat bermain dan memiliki pengalaman belajar yang berharga lainnya.

Dengan bermain di luar, anak juga akan mendapatkan pandangan yang luas tentang kehidupan. Setidaknya satu studi yang dikutip dari mayoclinic.com telah membuktikan bahwa anak yang sering menghabiskan waktu di luar rumah kelak akan lebih baik dalam memandang sebuah persoalan dibandingkan yang sering bermain di dalam rumah. Sementara itu, anak yang mengalami gejala hiperaktif atau depresi bisa menunjukkan perkembangan lebih baik ketika dibiarkan bermain di alam bebas.

Dari sederet kebaikan dan manfaat dari bermain di luar rumah, namun kenyataannya memang sulit membiarkan anak-anak untuk terus main di luar. Menurut Mizejewski dan Elkind, solusi yang paling tepat adalah Bunda sebagai orang tua harus mengatur waktu kapan waktu yang tepat si kecil bermain di dalam atau di luar rumah. Meskipun kesibukan mendera para orang tua jaman sekarang, tetapi alangkah bijaknya untuk bisa meluangkan waktu sebentar menemani si kecil bermain di luar rumah. Bunda dan keluarga pun bisa merencanakan rekreasi outdoor agar si kecil bisa mengenal alam bebas. Percayalah, akan banyak hal menakjubkan dari si kecil yang Bunda bisa temukan di luar sana.

Komentar
0 Komentar