Hai Bunda, daftar disini

Dessy Eka Purwanti

Dessy Eka Purwanti

Umum

Sakit Perut Luar biasa saat Mens,,sampai kapan..???

saya berusia 22 tahun,,anak saya 21 bulan,,dr perawan klo saya mens selalu sakit perut sangat kalau hari pertama,,katanya sakit perut saat mens ini akan berakhir saat kita sudah melahirkan...tapi sudah melahirkan hampir 2 tahun,,setiap saya mens selalu sakit perut luar biasa di hari pertama dan kedua...saya biasa minum kiranti kalo hari pertama datang bulan,,tapi sakit perut itu hilang hanya 2-3 jam setelah minum jamu tersebut,,setelah itu sakit perut terus berlanjut sampai hari kedua...kira2 sampai kapan sih dapet problem gini tiap dateng bulan..?? menyiksa banget deh...! sampe umur berapa yah kira2...??? mohon share nya bund..terlebih klo punya tips utk menghilangkan sakit perut ini...setidaknya mengurangi...thanks before

Komentar
2 Komentar
Dewi Retno Indarsih
Dewi Retno Indarsih -

sama bun. saya dari perawan kalau mens hari pertama mst skt perut, sekarang setelah punya anak dan KB spiral rasa sakitnya lebih ky mo melahirkan tapi kalau dibawa tidur sakitnya ilang. udah mnm jamu, mnm air kelapa muda sampai mnm softdrink te2p aja sakit akhirnya pasrah, anggap aja sbg suatu kenikmatan yang setiap orang gak bisa merasakan

Fitri Nurlela
Fitri Nurlela -

Hallo Bunda......aduh..kasihan banget ya sakit perut saat haidnya masih menerpa juga....Alhamdulillah kalau saya sudah berkurang,paling kalau sakit pun ga terlalu hanya sedikit saja dan bisa ditahan /diobati pakai air minum teh manis yang hangat...pasti enak.........banget.Kalau dulu memang sakitnya..aduh..luar biasa deh,sangat mengganggu pekerjaan saya krna kebetulan dulu saya masih krj pasti sering ke klinik,hanya untuk minta obat sakit saat haid.Bahkan saya sering juga kaya sakit perut biasa,sering bolak balik kamar mandi. Tapi setelah saya menikah ga sakit banget lagi.kiranti jg ga sering paling cuma 1-2 btl dlm sebulan sekali. Tapi ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu bunda saat menghadapi haid yang sakit....yang aku kutip dari internet :

Tempelkan botol berisi air panas atau bantalan panas/hangat pada daerah perut.
Pijat daerah perut/abdomen secara perlahan-lahan
Coba tidur terlentang dengan kaki/lutut diganjal dengan bantal
Lakukan olahraga ringan seperti senam, jalan kaki, atau bersepeda pada saat sebelum dan selama haid, hal tersebut dapat membuat aliran darah pada otot sekitar rahim menjadi lancar, sehingga rasa nyeri dapat teratasi atau berkurang.
Tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk mengurangi dan mengatasi rasa sakit pada saat menstruasi mempunyei efek analgetik (meredakan rasa sakit), melancarkan sirkulasi darah, dan mencairkan bekuan darah.
Berikut contoh beberapa tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk mengatasi nyeri haid .

DAUN DEWA (Gynura segetum [Lour.] Merr.)
Bagian yang digunakan : seluruh tumbuhan/herba
Efek : melancarkan sirkulasi darah, mencairkan bekuan darah, anti-coagulant

MAWAR (Rosa chinensis Jack.)
Bagian yang digunakan : Bunga
Efek : melancarkan sirkulasi darah, menormalkan siklus haid, antiradang, menghilangkan bengkak.

SIANTAN/SOKA (Ixora stricta Roxb.)
Bagian yang digunakan :bunga
Efek : meredakan rasa sakit (analgetik), mengecilkan bekuan darah, melancarkan sirkulasi.

DAUN HIA/BARU CINA (Artemisia vulgaris L.)
Bagian yang digunakan : seluruh tumbuhan /herba
Efek : menghilangkan sakit (analgetik), melancarkan peredaran darah, mengatur menstruasi, menghentikan pendarahan, menghilangkan rasa dingin.

GINJEAN (Leonurus sibiricus L.)
Bagian yang digunakan : seluruh tumbuhan (herba)
Efek : melancarkan sirkulasi darah, menormalkan siklus haid, peluruh haid (emenagog), menghilangkan pembengkakan dan menciutkan rahim.

TEKI (Cyperus rotundus L.)
Bagian yang digunakan : umbi
Efek : menormalkan siklus haid, menghilangkan sakit (analgetik), melancarkan vital energi. Merupakan obat penting untuk penyakit-penyakit pada wanita (gynecological diseases)

TEMU LAWAK (Curcuma xanthorrhiza)
Bagian yang digunakan : rimpang
Efek : sebagai peluruh haid (emenagog), tonikum, antiradang, hepatoprotektor, dan lain-lain.
Berikut contoh resep tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk mengatasi nyeri menstruasi (dismenore) :

Resep 1.
30 gram temu lawak + 30 gram temu hitam + 20 gram jahe + 20 gram asam jawa + gula aren secukupnya, dicuci dan dipotong-potong, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum.

Resep 2.
3 kuntum bunga mawar merah + 2 kuntum bunga siantan/soka + 15 gram bunga bugenfil, dicuci dan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari.

Resep 3.
15-30 gram daun dewa segar + 20 gram kunyit, dicuci dan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari.

Resep 4.
30 gram daun hia/baru cina segar atau 15 gram yang kering direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum.

Resep 5.
20 gram ginjean kering + 10 gram umbi rumput teki kering, dicuci dan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari.

Catatan :
Untuk perebusan gunakan periuk tanah, panci enamel atau panci kaca.

Semoga bermanfaat ya bunda....