Hai Bunda, daftar disini

Diah Pramesti

Diah Pramesti

Umum

Rambu2 Memanjakan Anak

Sadarkah Anda, bahwa memanjakkan anak adalah salah satu bentuk penyiksaan anak (child abuse)? Dengan memanjakan, orang tua menciptakan yang terbiasa untuk selalu mendapatkan apapun dengan mudah dan terbiasa mengandalkan orang lain, ketimbang dirinya sendiri.
Ketika dewasa kelak, anak menjadi mudah menyerah dan sulit untuk beradaptasi dengan tantangan-tantangan dalam hidupnya, karena life skill yang dimiliki kurang terasah sejak kecil akibat pemanjaan tadi.
Pemanjaan bisa dalam bentuk, mulai dari pemenuhan segala keinginan anak tanpa memandang manfaat atau kepentingannya sampai membiarkan anak terlayani segala keperluannya, termasuk untuk hal-hal yang sudah dapat dilakukan oleh anak secara mandiri.
Nah, bagaimana menghindari pemanjaan ini? Berikut ada 5 rambu yang bisa mencegah orangtua dari pengasuhan yang memanjakan:

1. Sadari bahwa tugas orangtua adalah menyiapkan anak untuk hidup di dunia nyata dimana kelak mereka harus dapat mandiri dan tidak ada orang tua yang membantu. Di dunia nyata, anak perlu belajar bahwa tidak selalu bisa memperoleh semua yang ia inginkan.

2. Biasakan memberikan penghargaan pada anak, tidak berupa barang. Anak akan terbiasa mengukur segala sesuatunya dengan barang. Yang dibutuhkan anak sebenernya adalah perhatian sebagai bentuk penghargaan positif dan penerimaan atas usaha yang telah dilakukan. Puji anak, berikan belaian di kepala, berikan pelukan, dan ciuman yang tulus sebenarnya sudah cukup bagi anak jika dilakukan secara konsisten.

3. Berikan contoh perilaku mandiri, seperti tidak selalu mngandalkan atau minta bantuan pembantu untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan kecil di rumah.

4. Jangan biarkan perasaan bersalah mempengaruhi pengasuhan anak. Sering kali orang tua yang merasa kurang waktunya bersama anak, mencoba menebus rasa bersalah ini dengan menyenangkan anak antara lain dengan mengabulkan semua yang diminta anak.

5. Bantu anak menentukan target dan cara mencapainya. Misalnya jika nak menginginkan sebuah mainan, dia harus menabung dengan cara menyisihkan uang dari uang sakunya

Komentar
1 Komentar
Desriza Leni
Desriza Leni -

setuju dengan pernyataan yang di tulis oleh bunda.
memang benar jika kita terlalu memanjakan anak maka ia akan menjadi pribadi yang kurang mandiri karena ia selalu dibantu dan tidak bisa menyelesaikan permasalahan sendiri