Hai Bunda, daftar disini

Agusta Indah

Agusta Indah

Umum

Pertumbuhan Fisik

Di usia-usia awal, pertumbuhan fisik anak perlu di monitor. Kurang optimalnya pertumbuhan pertanda ada sesuatu pada diri anak.



Berat Badan



Pada usia setahun, BB anak sejumlah 3 x BB lahir. Umumnya, BB normal ketika lahir berkisar 2,5 - 4 kg. Jadi, BB normal pada usia setahun antara 7,5 - 12 kg. Untuk kenaikan BB ini, ada kurva normal yang menentukan berat anak termasuk kurang, normal, ataukah berlebih. Bisa dilihat pada KMS (Kartu Menuju Sehat) anak.



BB kurang bisa disebabkan asupan nutrisi yang kurang, aktivitas anak yang berlebih, atau ada penyakit yang melatarinya sehingga asupan makanannya tidak terserap secara optimal.





Tinggi Badan



Selain faktor makanan dan penyakit, pertumbuhan TB juga dipengaruhi oleh faktor genetik. Jadi kalau TB anak kurang, perlu dilihat pula bagaimana genetiknya atau tinggi badan orang tuanya: apakah ayah atau ibunya tinggi atau pendek. Kurva normak pertumbuhan TB juga dapat ditemukan dalam KMS anak.





Lingkar Kepala



Lingkar kepala berkaitan dengan pertumbuhan otak. Karenanya, orang tua disarankan memantau perkembangan ukuran lingkar kepala anaknya secara rutin setiap 1 atau 2 bulan sekali sempai anak 2 tahun. Gunakan alat meteran untuk mengukurnya, diukur memutar dari tengah dahi, lalu keliling ke bagian belakang kepala yang tidak menonjol. Pada KMS dapat ditemui kurva yang menggambarkan perkembangan ukuran lingkar kepala anak.

Komentar
0 Komentar