Hai Bunda, daftar disini

Meyta Safitri

Meyta Safitri

Umum

Perkembangan janin umur 1-40 minggu (bagian 2)

Kehamilan Minggu 21

Usus bayi telah cukup berkembang sehingga ia mampu menyerap atau menelan makanan dan disalurkan ke sistem pencernaan dan usus besar. Bayi bergerak lebih lambat karena beratnya berkisar pada 340 gram dan memiliki panjang 20 cm.

Kehamilan Minggu 22
Bayi menggunakan perasaannya untuk berkembang setiap hari. Perbandingan kepala dan tubuh mulai tampak lebih proporsional.

Kehamilan Minggu 23
Meskipun lemak tubuh bertambah, namun kulit bayi tampak kendur dan keriput. Hal ini disebabkan karena produksi sel kulit lebih banyak daripada produksi lemak. Bayi akan mulai sering ‘berlatih’ menggerakkan otot jari-jari tangan dan kaki, lengan dan kaki secara teratur. Beratnya hampir 450 gram.

Kehamilan Minggu 24
Paru-paru bayi mulai menghirup oksigen yang diperoleh dari plasenta. Sebagai persiapan hidup di luar rahim, paru-paru bayi mulai menghasilkan surfaktan yang menjaga kantung udara mengembang.

Kehamilan Minggu 25
Apabila bunda merasakan gerakan seperti cegukan, ini merupakan tanda bayi sedang mencoba untuk bernapas. Ia menghirup dan mengeluarkan cairan ketuban dan akan cegukan jika cairan ketuban yang tertelan terlalu banyak. Beratnya akan berkisar sekitar 560 gram.

Kehamilan Minggu 26
Minggu ini, si bayi akan memiliki berat hampir 850 gram. Mata yang sebelumnya tertutup mulai terbuka dan mengedip. Bulu mata mulai berkembang, begitu juga dengan rambut di kepala.

Kehamilan Minggu 27
Minggu pertama di trimester ketiga. Paru-paru, hati, dan sistem kekebalan tubuh masih harus dimatangkan. Namun apabila si bayi harus lahir, ia memiliki peluang 85% untuk bertahan hidup. Ia akan memiliki panjang 23 cm dengan berat 900 gram.

Kehamilan Minggu 28
Minggu ini, berat bayi adalah sekitar 1100 gram dan panjang 25 cm. Otak bayi tumbuh dan semakin berkembang. Lapisan lemak juga meningkat dan rambut terus tumbuh

Kehamilan Minggu 29
Kelenjar adrenal bayi mulai menghasilkan hormon seperti androgen dan estrogen. Hormon ini akan merangsang hormon prolaktin dalam tubuh ibu dan membuat kolostrum (susu pertama keluar saat menyusui).

Kehamilan Minggu 30
Lemak dan berat badan bayi meningkat, sehingga bayi akan memiliki berat 1400 gram dan panjang 27 cm pada minggu. Semakin matang usia bayi, ia akan melakukan gerakan-gerakan yang lebih aktif.

Kehamilan Minggu 31
Plasenta masih memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Aliran darah di plasenta memungkinkan bayi menghasilkan air seni. Bayi akan mengeluarkan air seni hampir sebanyak 500 ml per hari dalam cairan ketuban.

Kehamilan Minggu 32
Jari tangan dan kaki telah tumbuh sempurna, serta bulu mata, alis dan rambut di kepala bayi sudah terlihat dengan jelas. Lanugo yang menutupi tubuh bayi mulai rontok tetapi sebagian masih terlihat di sekitar bahu dan punggung saat kelahiran. Ia akan memiliki berat sekitar 1800 gram dan panjang 29 cm.

Kehamilan Minggu 33
Vernix yang menutupi kulit bayi cukup tebal. Paru-paru hampir matang dan bayi terus melatih pernapasannya setiap hari. Dalam minggu ini, bayi akan mulai berada dalam posisi kelahiran.

Kehamilan Minggu 34
Ukurannya akan berkisar antara 2250 gram dan 32 cm. Apabila bayi akan dilahirkan pada minggu ini, ia akan memiliki kemampuan bertahan hidup karena paru-paru sudah mulai cukup matang.

Kehamilan Minggu 35
Bayi akan memiliki berat sekitar 2.550 gram. Akibat ukurannya sudah lebih besar, gerakan bayi akan berkurang.

Kehamilan Minggu 36
Tinggal beberapa minggu sebelum waktunya si bayi lahir. Rata-rata berat bayi adalah sekitar 2750 gram. Kalsium membantu pembentukan kerangka bayi lebih kuat namun masih belum cukup lembut untuk melewati jalan lahir.

Kehamilan Minggu 37
Meskipun sudah cukup matang, bayi akan terus bertumbuh. Ia mulai memproduksi kortisol, suatu hormon yang membantu kematangan paru-paru untuk mengambil udara tanpa bantuan.

Kehamilan Minggu 38
Beratnya sekitar 3100 gram dan panjang 35 cm. Lemak masih diproduksi meski tingkat pertumbuhannya mulai melambat. Jika bayi bunda laki-laki, testis sudah turun mendekati skrotum. Jika perempuan, alat kelaminnya juga telah berkembang sepenuhnya.

Kehamilan Minggu 39
Beratnya berkisar 3250 gram sehingga tubuh bayi memenuhi seluruh rongga rahim. Tali pusar yang membawa nutrisi dari plasenta memiliki panjang sekitar 50 cm dan tebal 1,3 cm, akibatnya bayi memiliki resiko dapat terjerat tali pusat.

Kehamilan Minggu 40
Setelah berminggu-minggu menanti kehadirannya, akhirnya malaikat kecil itu lahir. Rata-rata, bayi lahir dengan berat rata 3.500 gram dan panjang 48-51 cm.

Komentar
2 Komentar
Yani Trisnanto
Yani Trisnanto -

info bagus buat para ibu baru....

Purwanto (Endah)
Purwanto (Endah) -

nice info, pengalaman karena Twin jadi BB gak nyampai 3 kg he...