Hai Bunda, daftar disini

Suryanti -

Suryanti -

Umum

PANDUAN MENYIMPAN ASI

ASI yang sudah Anda peras bisa disimpan di dalam botol untuk kemudian disimpan di kulkas. Susu yang disimpan ini bisa bertahan cukup lama tanpa mengubah kualitasnya.

Berikut adalah panduan untuk menyimpan ASI :

* ASI yang baru saja diperas bisa bertahan disimpan dalam suhu ruang hingga sepuluh jam, sedangkan ASI yang sudah disimpan di kulkas atau dibekukan harus langsung digunakan dalam waktu ½ jam.
* ASI yang baru diperas bisa disimpan di dalam kulkas hingga selama 5-7 hari.
* ASI yang baru diperas bisa disimpan di dalam freezer hingga selama enam bulan jika es krim bisa tetap beku disimpan di freezer. Tapi jika es krim hanya terasa lembut dan tidak beku di dalam freezer, ASI hanya bisa bertahan selama tiga bulan. Simpanlah ASI di bagian paling dingin di freezer.
* ASI segar yang telah disimpan di kulkas selama hingga 48 jam, boleh saja dipindahkan ke freezer. Jangan menyimpannya di freezer bila ASI sudah disimpan di kulkas lebih dari 48 jam.

* ASI biasanya akan ‘mengembang’ bila dibekukan. Karena itu isilah botol hingga berjarak sekitar 4 cm dari bagian atas botol. Jika menggunakan kantung plastic, lipatlah bagian atas kantung dan ikat dengan karet.
* Tempelkan label yang mencantumkan tanggal dan jam berapa ASI diperas. Label tersebut bisa ditempelkan di wadah tempat menyimpan botol-botol ASI tersebut. Atau gunakan spidol untuk menandai tanggal dan jam perasnya bila ASI diletakkan dalam kantung plastic.
* Jika ASI cukup banyak, pisah-pisahkan saja ASI ke dalam beberapa botol atau kantung.
* Jika Anda memeras ASI di tempat kerja atau tempat lain yang jaraknya cukup jauh dari rumah, pastikan botol-botol berisi ASI itu tetap dingin sebelum digunakan. Misalnya dengan menyimpannya di dalam kotak pendingin.
* Saat ingin memberikan ASI, berikanlah yang lebih dulu diperas.

Menghangatkan dan Mencairkan ASI Simpanan :

* Biarkan botol atau kantung berisi ASI di dalam suhu ruang, atau letakkan di dalam sebuah mangkuk berisi air panas.
* Jangan pernah mencairkan atau menghangatkan ASI di microwave. Cara tersebut bisa merusak kandungan vitamin dan enzim yang ada didalamnya.
* Aduk rata susu dengan cara mengocoknya dengan lembut untuk memisahkan krim yang berbentuk di dalam ASI.
* Jangan memberikan ASI simpanan tersebut sebelum ASI benar-benar cair.
* Buanglah ASI yang berbau dan terasa asam.
* ASI simpanan yang sudah dicairkan hanya bisa bertahan hingga 24 jam saja di dalam kulkas.

Komentar
0 Komentar