Hai Bunda, daftar disini

Eka Setiyani

Eka Setiyani

Umum

Olahraga yg Harus Dihindari Ibu Hamil

Jenis olahraga yang harus dihindari ibu hamil adalah olahraga yang mengharuskan Anda untuk menahan nafas, memutar pinggang dan pinggul selagi berdiri, meloncat, berlari, mengganti posisi dengan cepat, bertumpu pada lutut dalam waktu lama, duduk dengan kaki diluruskan kemudian menyentuh lutut, dan berbaring dengan bertumpu pada punggung atau sisi kanan tubuh selama lebih dari 3 menit (terutama jika usia kehamilan telah mencapai 3 bulan atau lebih).

Berdasarkan keterangan tersebut maka olahraga yang harus dihentikan selama hamil adalah skipping, full sits up, sikap lilin, menunggang kuda, roller blading, sprint, dan olahraga yang menuntut kontak tubuh seperti softball, sepak bola, futsal, basket, voli, dan sebagainya.

Jangan berolahraga di luar ruangan jika cuaca sedang panas. Banyak hal yang dapat membuat olahraga Anda terasa lebih menyenangkan di antaranya dengan mencari partner untuk berolahraga. Boleh teman terdekat, atau mungkin sesama expecting mom yang berada di kelas aerobik yang sama dengan Anda, mungkin pula sang suami–the superDad soon to be.

Sangat penting bagi para calon ayah ini untuk selalu mendukung, memperhatikan, dan memberikan lebih banyak quality time untuk berdua saat Anda hamil. Perhatian-perhatian kecil seperti membelai perut Anda, menemani saat berolahraga, atau selalu berada di samping Anda saat cek kehamilan akan meningkatkan mood Anda sehingga kehamilan terasa lebih menyenangkan. Pasca kehamilan Anda mungkin akan merasa sangat bersemangat untuk mengembalikan bentuk tubuh ke postur yang ideal, tetapi bukan berarti Anda boleh langsung berolahraga ekstra keras.

Tubuh Anda perlu beristirahat sebelum kembali secara bertahap aktif berolahraga. Pada umumnya, seorang ibu dapat kembali berolahraga ringan setelah dua minggu dari masa kelahiran (untuk kelahiran normal, untuk kelahiran caesar butuh waktu tiga sampai empat minggu). Bersabarlah untuk menunggu hingga sekitar enam minggu sampai Anda bisa kembali berolahraga seperti biasa. Dan Anda pun siap untuk mendapatkan kembali bentuk tubuh ideal Anda!

Pencarian Terpopuler:

Bolehkah ibu hamil 3 bulan olahraga 1 minggu ful, sit up pada saat hamil 6 minggu?, sit up bisa menyebabkan keguguran?, posisi tubuh yang harus dihindari ibu hamil, perawatan semasa hamil 9 bulan, ibu mengandung 9 bulan, IBU HAMIL SEDANG DUDUK, ibu hamil 3 bulan keguguran akibat olahraga sit up, hamil 9 bulan itu harus apa?, hal yang harus dihindar wanita hamil 1 bulan.

Komentar
0 Komentar