Hai Bunda, daftar disini

Fitri Nurlela

Fitri Nurlela

Umum

Normalkah Anak Usia 3 th........

Bunda...Ada anak sepantaran Naila deket rumahku yang bicaranya itu belum lancar seperti Naila anakku...Padahal usia lebih tua selisih sebulan dari usia Naila,tapi bicaranya itu masih seperti bayi...Kadang aku kasihan melihatnya...Dan kadang juga kalau pas lagi maen sama Naila, anakku suka tnya Mah dia ngomong apa?Tapi dia respon dg apa yang kita arahkan...Menurut Bunda seusia itu normal ga sih???

Komentar
1 Komentar
Amalia Yusnawati
Amalia Yusnawati -

anak sy sekarang berumur 2,8 tahun jg belum bisa bicara lancar msh cadel. saat itu sy bingung kenapa kok spt itu, diperiksa ke dokter tdk ada masalah dgn pendengarannya akhirnya sy coba terapi. cuman 2 minggu terapi sudah sy hentikan krn tiap terapi dia pasti nangis, spt tertekan. akhrnya sy cari2 informasi dan ketemulah sebuah artikel yg bisa menenangkan hati sy,

di artikel tsb dikatakan anak yang belum mau bicara bisa disebabkan karena dua hal, yang pertama adalah yang bersifat psikologis, misalnya kurangnya stimulasi atau dengan kata lain orang-orang disekitarnya kurang banyak bicara alias pendiam, atau bisa juga karena anaknya terlalu sensitif sementara orang tuanya terlalu keras, sehingga anak lebih suka diam. Dalam kasus ini biasanya anak bukan tidak bisa bicara melainkan dia lebih memilih diam.

Kemungkinan kedua adalah si anak memiliki kecenderungan berpikir dengan menggunakan otak kanannya. anak yang dominan otak kanannya cenderung lebih mengembangkan organ-organ yang berhubungan dengan imajinasi dan kemampuan visualisasi, bukannya kemampuan berbahasa. Oleh karena kemampuan visualisasinya yang lebih dulu berkembang maka kemampuan anak dalam bicara menjadi seolah-olah terlambat, bila dibandingkan dengan anak-anak yang dominan otak kirinya.

Berbekal dr situ sy sdh tdk bingung lg, sy coba masukkan anak sy ke playgroup biar ada stimulasinya dan memotivasi agar tdk minder dg teman2nya yg sdh bicara. Tdk perlu risau, semua anak diciptakan unik dg kecerdasan yg berbeda tinggal kita sbg ortunya menyikapi perbedaan tsb dg bijak agar anak ttp berkembang. Bukankah Tuhan menciptakan manusia untuk bisa bicara, kalau sdh wktnya pasti akan bicara.