Hai Bunda, daftar disini

Mhd Nurdiansyah

Mhd Nurdiansyah

Umum

Muncul Pertanyaan BOLEHKAH BAYI MANDI AIR DINGIN?

Idealnya, suhu air mandi pas buat tubuh bayi, tidak terlalu panas atau kelewat dingin. Masalahnya, banyak orangtua yang terkesan menolak memandikan bayinya dengan air dingin. Padahal, tidak masalah bayi dimandikan dengan air dingin. Sebab, tubuh bayi memiliki mekanisme tersendiri yang bisa menahan air dingin. Bahkan dalam situasi tertentu, misal, suasana di luar sangat terik, acara mandi air dingin sangat dianjurkan. Yang penting, segera keringkan tubuh bayi setelah dia mandi air dingin. Dengan demikian, tubuhnya terbebas dari suhu dingin yang membahayakan. Lihat juga kesiapan bayi. Jika badannya terlihat tidak menggigil, bolehlah ia dimandikan dengan air dingin. Hal lain yang perlu diperhatikan, adakah riwayat alergi dingin? Jika ya, sebaiknya bayi tidak dimandikan air dingin karena bisa membuatnya pilek.

Komentar
11 Komentar
Ina Wijayawati
Ina Wijayawati -

Walau saya sudah menjalani tips diatas ketika anak saya bayi.....tapi maksih deh atas artikelnya.

Cipto Dwi Lestari
Cipto Dwi Lestari -

waduh koq beda sama si adith ya klo dimandiin mintanya air dingin tapi klo dcebokin mintanya air hangat

Nur Hasti
Nur Hasti -

kalo masih bayi jangan bun,kasihan suhu tubuhnya lum stabil.

Nurul Nisfu
Nurul Nisfu -

anak sy beda bun....ketika umur 5 atau 6 bln sdh dicoba mandi dgn air dingin lho...!!!percobaan pertama berhasil dan akhirnya sampai skrang umur 20 bln masih mandi dengan air dingin.....

Diana Ayu Octawati
Diana Ayu Octawati -

saya rasa setiap bayi berbeda, kita harus bisa memahaminya.... mungkin untuk anak 1 th keatas bolehlah.... namun terkadang anak 1 th aja juga blom bisa dimandikan air dingin....

Verra Windayunita
Verra Windayunita -

kalo sy sih stlh sminggu mmki air hangat strusnya mmki air dingin , krn dpt tips dri ortu ktnya biar trbiasa n fisik ankpun mnjd lbih kuat.

Rosa Feliana Tanaya
Rosa Feliana Tanaya -

kalau saya memandikan anak dengan air hangat dulu....kalau sujdah selesai,saya guyur dng air dingin untuk membiasakannya....itu anak saya umur 2 tahun.kalau bayi,pake air dingin,aku masih ragu2 nih bunn.kasian kan masih kecill.

Herjiyanti Rahadian
Herjiyanti Rahadian -

stuju tu...adakalanya bayi dibiasakan untuk mandi dgn air dingin...pembiasaannya bs dgn waktu cebok, atau mngelap muka..
kl pake air angt terus,,bs susah mengubah kebiasaannya ketika sudah besar n harus mulai mandi dgn air dingin,,jd mudah sakit krn kedinginan... ^.^

Sri Aprilawati
Sri Aprilawati -

WAh,wah...kalw sy mash takut tu,mandiin air dingin.nanti masuk angin,kshian baby nya.anak sy aja 1thn,msh air hangt.gt bund.

Novilia Pramudya
Novilia Pramudya -

Apa ngak masuk angin tuh bun?

Lufi Haryanti
Lufi Haryanti -

bunda dpt dr mn infonya ...kok saya masih ragu2 ya...takut aja...