Hai Bunda, daftar disini

Niniek Pudji Wahyuni

Niniek Pudji Wahyuni

Umum

Menghilangkan Bau Mulut

Selain penampilan untuk menambah rasa percaya diri saat kita berkomunikasi dengan orang lain, kita harus memperhatikan kesehatan mulut. Jangan sampai penampilan kita sudah oke tetapi masalah muncul dari mulut kita yang bau.

Bau mulut atau halitosis atau dragon breath (nafas naga) seringkali menghinggapi sebagian besar orang. Hampir 90% penyebab dari bau mulut adalah adanya bakteri penghasil sulfur yang berada di dalam bagian mulut kita yang muncul sebagai akibat kurang terjaganya kebersihan gigi dan mulut, gigi berlubang atau adanya infeksi pada gusi.

Sedangkan penyebab yang lain karena adanya perubahan hormon, ganguan pada sistem pencernaan, sinusitis, infeksi amandel, bronchitis kronis, gangguan hati serta ginjal.

Beberapa hal di bawah ini merupakan cara untuk menghilangkan bau mulut yang bisa kita lakukan:

Jagalah kebersihan mulut dengan menyikat gigi minimal 2 kali sehari, atau lebih bagus lagi sikat gigi setelah habis makan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Selain itu juga jaga kebersihan lidah dengan menggunakan alat khusus untuk mencegah penimbunan bakteri pada lidah.
Bagi mereka yang menggunakan kawat gigi atau behel harus lebih ekstra menjaga kesehatan dan kebersihan mulut. Bersihkan sisa makanan yang menempel di kawat untuk mencegah munculnya bakteri.
Gunakan dental floss atau benang gigi untuk membersihkan sela-sela antara dua gigi.
Jangan mengkonsumsi makanan yang memicu munculnya bau mulut seperti bawang merah, bawang putih, pete, dan jengkol. Perbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan.
Makan secara teratur, dengan teraturnya pola makan akan memperlancar produksi air ludah yang bisa mengurangi bau mulut.
Kurangi stress, karena terbukti bisa memicu panas dalam tubuh yang bisa menyebabkan bau mulut.
Minum air putih dalam jumlah yang cukup yang bisa menekan produksi asam lambung supaya tidak berlebihan, dan air putih juga baik untuk menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh secara keseluruhan.
Hindari merokok dan minum minuman keras, karena selain memicu bau mulut juga merusak kesehatan kita.
Gunakan obat kumur setiap selesai menggosok gigi atau gunakan spray penyegar nafas yang banyak dijual bebas.
Berkunjung ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk memeriksakan kesehatan gigi kita.

Dengan melakukan langkah-langkah ini bisa menghilangkan bau mulut, dan kita senantiasa percaya diri dalam berinteraksi dengan orang lain.

Komentar
0 Komentar