Hai Bunda, daftar disini

Fitri Dwi

Fitri Dwi

Umum

Mengatasi Bayi rewel

Mengatasi Bayi rewel

Pernahkan Anda dibuat bingung dengan bayi yang rewel? Bayi terus menerus menangis, bahkan sampai menggeliat-geliat dengan sekujur tubuh tampak memerah. Berbagai carapun telah Anda lakukan namun masih saja tidak berhasil membuatnya tenang. Bayi menangis terus menerus tanpa mau didiamkan. Keadaannya serba salah, ditidurkan menangis, digendong menangis, disusui tidak mau malah menangisnya semakin keras dan kencang.

Ada beberapa kemungkinan mengapa bayi menjadi rewel. Kemungkinan pertama karena bayi merasa kegerahan sehingga mengeluarkan banyak keringat. Kondisi seperti ini bisa terjadi bila sirkulasi udara di dalam rumah kurang baik.

Kemungkinan kedua, tempat tidur yang kurang nyaman. Boleh jadi itu karena kurang penerangan atau sebaliknya sinar lampu terlalu terang. Atau, bisa juga karena suasana yang gaduh, berisik atau bising.

Kemungkinan ketiga, ada masalah dengan perut seperti mencret dan kembung. Sering buang angin tidak masalah bagi bayi, tetapi jika angin tidak bisa keluar maka bayi akan rewel karena merasakan rasa tidak enak pada bagian perutnya.

Kemungkinan keempat, bayi merasakan sesuatu yang menyakitkan seperti digigit semut, digigit nyamuk, kaki terjepit, karet popok yang terlalu kuat dan sebagainya.

Terakhir, bayi rewel karena kurang sehat. Misalnya adanya gejala flu, hidung tersumbat, pusing kepala, demam dan sebagainya.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika bayi rewel?

1. Pastikan kondisi bayi Anda sehat. Anda bisa mengenalinya melalui perabaan dengan telapak tangan pada bagian kepala, dahi, perut, lengan serta kakinya. Atau, agar lebih akurat, Anda bisa menggunakan termometer. Jika terasa panas atau suhu tubuhnya di atas 37oC hingga 38oC, besar kemungkinan bayi Anda mengalami sakit. Segera bawa ke dokter.

2. Periksa seluruh tubuhnya apa mungkin ada semut atau binatang lain yang menggigit. Jika memang ada olesi dengan minyak gosok pada bagian yang digigit.

3. Bubuhkan bedak talk pada leher dan punggungnya. Lalu olesi bagian perut bayi dengan minyak gosok hangat, misalnya minyak telon atau minyak kayu putih. Kemudian berikan pakaian bayi yang terbuat dari katun atau bahan sejenis yang mudah menyerap keringat.

4. Pastikan popok bayi kering. Jika bayi memakai popok diapers/pad, gantilah dengan yang baru, karena ada kemungkinan popoknya telah penuh (lembab).

5. Berikan susu padanya. Karena jika bayi merasa kenyang maka akan membuatnya bisa tidur dengan nyenyak.

6. Gendong bayi sambil diayun perlahan. Bila perlu Anda bisa mengajaknya keluar rumah. Suasana yang berbeda besar kemungkinan akan menghilangkan rewel bayi. Bila bayi masih menangis dekaplah dalam gendongan dan bersenandunglah dengan perlahan. Cara ini biasanya mampu membuatnya tenang.

7. Berikan baju hangat. Jika udara terasa dingin besar kemungkinan bayi merasa kedinginan, maka berikanlah baju hangat atau selimut.

Semoga tips tersebut bermanfaat.

Komentar
1 Komentar
Haja Haja
Haja Haja -

ok bun next time info yang lain