Hai Bunda, daftar disini

Erlitna Ginting

Erlitna Ginting

Umum

Memukul Anak

Anak saya suka mencari perhatian dengan segala macam tingkah yang sering membuat saya emosi. Kadang saya sampai memukul sikecil dengan sebatang lidi. Apakah tindakan saya dapat mempengaruhi perilaku anak saya? tolong masukannya..

Komentar
4 Komentar
PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Bunda, sebetulnya tak perlu lho memukul anak, karena banyak sekali teknik menangani perilaku anak tanpa harus memukulnya. Yang pasti, setelah Bunda memukul anak, sebetulnya banyak sekali yang terjadi tanpa disadari oleh Bunda maupun oleh anak. Yang pertama, mungkin anak merasa sakit di bagian tubuh yang dipukul. Tapi setelah sakitnya hilang sebetulnya rasa sakit hati anak gara-gara dipukul belum tentu sudah sembuh. Kalau masih saja merasa sakit hati, kemungkinan anak akan merasa ’rugi’ untuk menuruti apa yang diminta oleh Bunda. Di sisi lain, kalau dia merasa dekat dengan Bunda, dia akan merasa bersalah untuk tak menuruti. Konflik antara ingin nurut tapi rugi nurut ini bisa jadi masalah besar buat anak. Efeknya macam-macam, dan lebih sering merugikan.

Coba Bunda sebutkan lagi apa masalah yang paling sering mengganggu, nanti kita bahas satu per satu trik khususnya. OK!

Nanang Siswanto
Nanang Siswanto -

berdasarakan informasi yang pernah saya peroleh dari psycolog, memukul anak bisa membuat dia meniru apa yang dilakukan orang tuanya terhadap teman temannya, adn jangan salah, hal ini juga bisa masuk ke memory anak bahkan sampai si anak dewasa dan bisa mempengaruhi cara dia mengasuh anaknya nanti di kemudian hari. daripada memukul, mending diajak berdiskusi seperti yang di info oleh didie, takutnya kalau kita terus memukul nanti si anak suatu saat akan membalas ke kita. belajar bersabar ya bun

Dina Mustikasari
Dina Mustikasari -

iya bun.. sebisa mungkin hindari memukul anak...
brp usia anak ibu? coba diajak berdiskusi.. berikan alternatif jika ia ingin perhatian lebih bunda apa yg sebaiknya ia lakukan sehingga ia tidak perlu bertingkah yg bisa membuat bunda emosi/marah. Anak2 itu pintar ko bun...
saya jg pernah memukul tgn anak.. krn sudah diberitahu lbh dr 3x anak saya tidak menurut... tp setelah itu rasanya menyesaaall sekali.. dan saya minta maaf berkali2 kpd anak saya..
ayo bun.. kita sama2 belajar menahan emosi... semangat!

Nur Sobah
Nur Sobah -

Aduh bunda jangan pukul anakbunda dong krn nanti berpengaruh buruk hingga dia dewasa,klw memukul boleh tapi pukul saja maaf (bokongnya)tapi pakai tangan ya bunda jgn pakai benda,kasihan nanti anaknya.
terima kasih