Hai Bunda, daftar disini

Elly Herlina

Elly Herlina

Umum

Membuat anak mau belajar

Saya ingin sekali putra saya Argya ( 2 th ) punya minat lebih jika diajak untuk belajar baik membaca maupun menulis. Selama ini setiap kali saya mengajarinya meskipun dg waktu kurang dari 5 menit selalu saja kurang diperhatikan. Padahal selama ini saya mengajaknya belajar pada saat waktu santai. Saya tidak memaksanya belajar tapi saya hanya ingin dia mau sedikit memperhatikan ketika Saya mengajak belajar.
Bagaimana cara yang tepat agar anak mau lebih memperhatikan jika diajak belajar?
Trims

Komentar
4 Komentar
Saridah Fachruddin
Saridah Fachruddin -

supaya anak minat belajar ya? hm gimana kalau suasananya dibuat khusus belajar jadi gak ada acara sambil nonton tv kecuali medianya tv. trus sediakan media yang menarik (buku-buku bergambar kartun untuk diwarnai/dibaca). yang terkhir ayah bunda juga sering terlihat membaca atau menulis didepan anak.. karena biasanya anak akan meniru apa yang ayah bundanya kerjakan. semoga membantu.

PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Sebetulnya nih para Bunda, yang disebut belajar buat anak batita itu sama sekali tidak membutuhkan anak duduk tenang. Anak bisa belajar sambil bernyanyi, sambil berlari, sambil melompat, sambil berdiri, dll. Yang dipelajari pun berbagai macam, bisa mulai dari warna, bentuk, huruf, membaca, ataupun berbagai ketrampilan motorik (nantinya kalau mau tahu lebih spesifik cara mengajarkan mengenal warna dan belajar yang lain dengan beraktivitas seru, boleh lho ditanya lagi). Bahkan ketika mendengarkan Bunda bicarapun dia sudah belajar kok. Justru kalau dia diminta duduk tenang, kemungkinan besar dia tak akan suka.

Membaca dan menulis sebetulnya bukan ketrampilan yang ditargetkan buat anak di bawah 5 tahun. Jadi kalaupun mau mengajari, tak apa, itu namanya stimulasi. Tapi kalaupun dia belum mau, ya sudahlah. Namanya saja stimulasi, tak harus anak mau, tak harus anak bisa, yang penting diperkenalkan.

Belajar menulis buat anak 2 tahun adalah pramenulis. Coba deh cara-cara ini: melukis dengan kuas cat tembok / kuas cat minyak yang besar, bermain playdough (lilin malam) atau ikut menguleni adonan kue Bunda, merobek kertas koran, bermain finger paint (cat jari), dll. Sepertinya bukan menulis? Hmmm Bunda salah terka kalau begitu. Berbagai aktivitas ini adalah aktivitas pramenulis yang akan menyempurnakan koordinasi motorik halusnya, dan nantinya akan memperbaiki kemampuan menulisnya.

Tambahan, supaya koordinasi motorik halusnya lebih baik, sempurnakan dulu koordinasi motorik kasarnya dengan banyak bermain yang menggunakan kaki dan tangan. Contohnya adalah memanjat tangga, main perosotan, ayunan, merangkak, dll. Selamat belajar dengan seru!

Diana Dhadi Daradjat
Diana Dhadi Daradjat -

saya juga punya anak yg satu TK B yg satu playgrup..
kl diajarin sama ibunya langsung susahnya minta ampun
salah satu cara saya beli buku2 yg menari, jadinya betul2 belajar sambil ber main..walo sehari hanya 10 menit, lumayan lah, dari pada ngga sama sekali..

Dian Fajarwati
Dian Fajarwati -

Betul sekali ibu, saya punya 2 anak dengan usia 4 tahun dan 3 tahun. Yang sama-sama sulit untuk diajak belajar. Padahal keduanya sudah sekolah di TK dan Playgroup. Gimana caranya menarik minat kedua anak saya untuk belajar ?