Hai Bunda, daftar disini

Yeni Marito Harahap

Yeni Marito Harahap

Umum

Membaca hasil usg

Bagaimana cara membaca hasil usg yang diberikan dokter ya? Sampai sekarang saya tidak begitu mengerti. Paling dokter hanya bilang 'bagus'. Kalau di USG kan terbaca BPD, FL, AC, EFW. Bunda...tau gak maksudnya?

Komentar
2 Komentar
Noerhayati Rofiah
Noerhayati Rofiah -

Wah jadi tahu nih..makasih infonya bunda naila..."suka" deh..

Fitri Nurlela
Fitri Nurlela -

Setahu saya hasil USG itu memang jarang sekali dijelaskan oleh dokter yang bersangkutan,tapi waktu kehamilan saya dulu sya minta diperjelas pleh dokter dan Alhamdulilllah menjelaskannya...Berikut istilah dalam USG yang pada umumnya saya alami saat itu adalah:
1. GA = Gestational Age. Ini menunjukkan perkiraan umur kehamilan bunda, berdasarkan panjang tungkai lengan, tungkai kaki ataupun diameter kepala. Jika salah satu dari GA di foto USG bunda menunjukkan besaran yang tidak normal, dokter langsung bisa mendeteksinya sebagai kelainan. Terutama GA di bagian kepala.
2. GS: Gestational Sac. Yaitu ukuran kantung kehamilan, berupa bulatan hitam. Ini biasanya muncul pada hasil foto USG trisemester awal.
3. CRL: Crown Rump Length. Yaitu ukuran jarak dari puncak kepala ke ‘ekor’ bayi. Ini juga biasa digunakan dokter untuk mengukur janin di usia kehamilan trisemester awal.
4. BPD: Biparietal diameter. Ini adalah ukuran tulang pelipis kiri dan kanan. Biasa digunakan untuk mengukur janin di trisemester 2 atau tiga
5. FL: Femur Length. Merupakan ukuran panjang tulang paha bayi.
6. HC: Head Circumferencial atau lingkaran kepala.
7. AC: Abdominal Circumferencial. Ukuran lingkaran perut bayi. Jika dikombinasikan dengan BPD (Biparietal Diameter)akan menghasilkan perkiraan berat bayi.
8. FW: Fetal weight atau berat janin.
9. F-HR: Fetal Heart Rate atau frekuensi jantung bayi.
Semoga bermanfaat ya bunda....