Hai Bunda, daftar disini

Azesti Nova

Azesti Nova

Umum

Masa Pubertas Anak

Pubertas merupakan masa transisi antara masa anak-anak dan dewasa yang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Perubahan baik fisik maupun psikologis banyak terjadi, mulai dari ukuran dan bentuk tubuh yang berubah dari ciri khas anak ke bentuk dewasa. Belum lagi tinggi badan dan berat badan yang cepat meningkat sampai munculnya tanda-tanda organ seksual.

Waktu datangnya pubertas cukup beragam. Namun secara psikologis, pubertas dimulai pada usia 12-14 tahun, namun secara hormonal pada gadis remaja, usia pubertas dimulai delapan sampai 13 tahun.

Pubertas pada gadis remaja ini pun diawali dengan besarnya ukuran payudara, serta diiringi pertumbuhan tinggi badan yang cepat. Rambut pada kemaluan dan ketiak pun mulai tumbuh, sedangkan menstruasi akan terjadi kurang lebih dua tahun setelah timbulnya pembesaran payudara.

Pada laki-laki, pubertas ditandai dengan mimpi basah, suara yang mulai berubah, dan tumbuhnya rambut di daerah-daerah tertentu. Perubahan fisik yang terjadi pada masa pubertas pun bertanggung-jawab atas munculnya dorongan seks. Untuk itu, bagi para remaja sebaiknya memperbanyak aktivitas untuk mengurangi pikiran-pikiran negatif yang berhubungan dengan seks.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi pubertas, diantaranya etnis, sosial, psikologis, nutrisi, fisik, dan penyakit kronis. Datangnya pubertas juga dapat terlambat dan keterlambatan ini disebabkan kondisi psikologis yang tertekan dan aktivitas fisik berlebihan.

Komentar
0 Komentar