Hai Bunda, daftar disini

Ida Elisia

Ida Elisia

Umum

Masa Pertumbuhan Balita Usia 5 Tahun

Perkembangan fisik pada bayi usia lima tahun ditandai dengan ukuran kepala menyerupai kepala orang dewasa, tubuh sudah proporsional, dan membutuhkan energi sebanyak 1800 kalori per hari.

Kemampuan motorik balita biasanya sudah bisa berdiri pada satu kaki selama beberapa detik, mampu melompat, dan menangkap bola kecil dengan kedua tangan. Perkembangan kecerdasan lainnya ditandai dengan kemampuan untuk menghafal beberapa huruf, mengenal warna, menggambar dengan 6 bagian, menggambar orang lengkap, atau menggambar sebuah garis lurus atau segi empat.

Perkembangan kognitif dan bahasa pada usia bayi lima tahun adalah ia telah bisa menyebutkan nama, umur dan tempat tinggal. Memahami konsep bentuk dan ukuran, pandai menghitung dari 1 hingga 50, dan sudah bisa membaca jarum jam.

Anak usia ini sangat bersemangat belajar hal-hal yang baru, mereka juga mudah sekali untuk mengingat sesuatu. Perbendaharaan kata meningkat dan kemampuan bercerita dan mengungkapkan simpati sudah nampak pada anak usia ini.

Selain itu, nampak juga kemampuan untuk memulai hidup mandiri seperti memakai sepatu dan baju sendiri, pergi ke toilet sendiri dan makan sendiri. Ia juga sudah mengenal dan bersosialisasi pada teman-temannya. Senang bermain dan mengerti bahwa permainan memiliki aturan yang mesti ditaati.

Komentar
0 Komentar