Hai Bunda, daftar disini

Elsa Sulistiyani

Elsa Sulistiyani

Umum

Mandi sebagai kegiatan yang menyenangkan

Secara umum bayi dan balita dapat dikelompokan menjadi dua kategori yang berhubungan dengan kegiatan mandi. Ada bayi yang sangat senang dengan air, tetapi ada pula bayi yang tak menyukai air sehingga saat dimandikan bayi akan meronta bahkan menangis.

Ada banyak cara yang bisa diterapkan orangtua saat memiliki bayi yang kurang suka dengan air. Dan seharusnya orangtua memiliki trik-trik tertntu agar anak yang kurang suka dengan air menjadi lebih tenang ketika harus dimandikan.

Ketahuilah bahwa anak Anda memiliki perasaan yang sama dengan Anda bahkan mungkin lebih sensitif. Jadi saat Anda hendak memandikan bayi cobalah bangkitkan suasana yang menyenangkan bagi mereka.

Jangan tunjukan raut wajah kesal apalagi menunjukan emosional. Berkomunikasilah pada saat anak sedang mandi, Anda bisa mengalihkan perasaan takut air pada bayi dengan mengajaknya mengobrol atau bercerita.

Anak Anda akan merasa aman dan senang bila saat mandi ia tahu anda mencurahkan perhatian padanya. Tidak perlu kalimat kalimat yang berat apalagi berteriak, cukup bicara dengan kalimat sederhana dan lembut.

Trik lain yang bisa Anda terapkan adalah mandi sambil bermain. Anda pasti tahu bahwa bermain adalah pekerjaan anak-anak. Jadi tak perlu melarangnya jika anak Anda membawa serta mainannya saat ia hendak mandi. Tentunya Anda harus selektif dalam memilih mainan yang hendak dibawanya.

Mainan yang mengapung seperti bebek atau boneka plastik akan menarik perhatian mereka. Dengan bermain diharapkan mereka akan lebih betah berada di bak mandi.

Jika usia anak Anda belum mencapai satu tahun, pilihlah bak mandi yang khsusus dan aman bagi bayi Anda. Perlu diiangat saat tubuh anak Anda terkena sabun anak Anda akan terasa licin, jadi berhati-hatilah saat memandikannya. gunakan juga air hangat untuk memandikan bayi Anda.

Komentar
0 Komentar