Hai Bunda, daftar disini

Ayu Ardiana

Ayu Ardiana

Umum

Makanan yang perlu Dikonsumsi dan Dihindari saat Menyusui

Ibu menyusui harus banyak minum air (87% kandungan ASI adalah air), banyak makan makanan bergizi terutama yang mengandung protein dan kalsium. Protein dan kalsium sangat diperlukan untuk produksi ASI dan pertumbuhan bayi. Kebutuhan protein minimal adalah 1 gram per kg berat badan. Konsumsi kalsium yang dianjurkan adalah 1.200 mg. Susu, yoghurt, keju, tahu dan tempe adalah sumber protein dan kalsium yang bagus. Konsumsi makanan dan buah-buahan yang mengandung Vitamin D, magnesium dan zinc juga diperlukan untuk memperlancar penyerapan kalsium. Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin dan zat besi. Sedangkan ada juga beberapa makanan atau minuman di bawah ini sebaiknya tidak dikonsumsi ibu menyusui; yaitu:

Softdrink
Kandungan gula dalam softdrink sangat tinggi sehingga bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Kurangi Kafein
Sedikit-banyak, pasti ada kafein dalam tubuh ibu yang bisa masuk ke dalam ASI membuat bayi sulit tidur. Bila ibu menyusui sudah terbiasa minum kopi, batasi konsumsinya hingga maksimum secangkir per hari. Selain kopi, kafein juga terdapat pada coklat, teh, beberapa jenis minuman ringan dan obat.

Rokok dan Alkohol
Alkohol termasuk jenis minuman tidak sehat yang tidak disarankan untuk dikonsumsi, baik ibu hamil maupun menyusui. Kandungan alkohol terbukti memberikan efek negatif bagi tubuh.

Makanan yang bisa memicu alergi
Bila bayi mengalami alergi, periksa makanan apa yang telah dikonsumsi ibu. Hentikan konsumsi makanan yang menimbulkan alergi pada bayi.

MSG
Di beberapa negara konsumsi MSG yang masih ditoleransi adalah 0,3-1 gram/hari. Dikatakan berlebihan bila konsumsi MSG sudah lebih dari 30 mg/kg BB per hari. MSG diduga menyebabkan kumpulan gejala penyakit yang disebut Chinese Restaurant Syndrome(CRS). Gejalanya antara lain rasa kebal pada leher bagian belakang, lengan dan seluruh tubuh terasa lemah serta terjadi peningkatan denyut nadi. MSG juga berkaitan dengan tercetusnya berbagai gangguan alergi seperti asma, gatal, infeksi kulit, gangguan irama jantung, kelainan saraf tepi dan gangguan pencernaan.

Makanan berpengawet/pewarna
Zat-zat berbahaya yang sering digunakan pada makanan antara lain zat pewarna tekstil seperti rhodamin B, methanyl yellow yang berefek menyebabkan gangguan fungsi hati sampai kanker. Hindari makanan yang berwarna terlalu mencolok. Zat pengawet berbahaya seperti formalin dan boraks banyak digunakan dalam bakso, mi, tahu. Pemanis buatan yang dikonsumsi secara berlebihan dalam jangka panjang bisa menyebabkan kanker kandung kemih.

Obat-obatan tertentu
Jangan minum obat selama masa menyusui, kecuali sudah dikonsultasikan dengan dokter.

Komentar
0 Komentar