Hai Bunda, daftar disini

EVA HERLIYANTI

EVA HERLIYANTI

Umum

Makanan Yang Harus DiHindari Wanita Hamil

Asupan sehat sangat diperlukan oleh wanita hamil untuk mencegah terjadinya penyakit dan juga infeksi selama kehamilan. Kesehatan harus diutamakan, pasalnya makanan yang masuk juga mempengaruhi perkembangan si jabang bayi.
Ada beberapa bahan makanan yang harus dihindari untuk mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan oleh salmonella, toksoplasmosis, listeria, E Coli yang dapat membahayakan calon bayi semasa dalam kandungan. Ini dia makanan yang harus dihindari saat Anda mengandung.

# Daging mentah/setengah matang
Ada baiknya menghindari daging mentah atau daging setengah matang, untuk mencegah terkena infeksi yang disebabkan oleh bakteri E Coli dan toksoplasmatosis. Sushi merupakan salah satu contoh makanan yang mengadung daging mentah. Bagi Anda pengila sushi dan tengah mengandung, hindari makanan ini paling tidak untuk masa kehamilan.

# Makanan yang mengandung salmonella
Sebaiknya hindari makan hati ayam dan telur setengah matang untuk mencegah infeksi salmonella yang menyebabkan diare berat pada ibu hamil.

# Waspadai sayuran mentah
Toksoplasmosis juga terdapat ada sayuran yang tidak dicuci dengan baik, oleh karena itu cuci sayuran dengan bersih. Salad dan lalapan merupakan salah satu asupan yang dimakan mentah, waspadai asupan tersebut untuk menghindari infeksi toksoplasmosis.

#Waspadai ikan berukuran besar
Pada dasarnya ikan laut merupakan salah satu sumber dari protein, namun Anda perlu waspada pada asal usul ikan, karena banyak air yang sudah terkontaminasi merkuri. Kandungan berbahaya tersebut ada kemungkinan terserap pada ikan, dan ikan besarlah yang lebih lama hidup dalam air, maka tidak menutup kemungkinan ikan besar memiliki kandungan merkuri lebih tinggi. Ikan yang perlu diwaspadai yakni, ikan hiu, tuna besar, king makarel, snapper atau ikan-ikan yang berukuran besar lainnya.
Namun, hal ini bukan berarti ibu hamil harus menghindari konsumsi ikan. Ikan masih merupakan sumber protein yang dibutuhkan selama kehamilan. Ikan juga merupakan sumber omega-3 yang dibutuhkan untuk perkembangan bayi. Ikan yang bisa dikonsumsi antara lain; salmon, tuna, tilapia, lele, dan udang. Selalu konsultasikan menu dan makanan Anda dengan dokter kandungan.

#Batasi gula dan garam
Banyak mengkonsumsi garam dan gula bisa menyebabkan komplikasi pada kandungan.

# Minuman mengandung kafein
Batasi asupan kopi, teh, dan cokelat, pasalnya kafein yang terkandung didalamnya bisa mengurangi penyerapan zat besi yang diperlukan selama kehamilan.

# Obat-obatan
Wanita hamil tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat, karena ada beberapa obat yang tidak aman bagi janin. Meminum sembarang obat dapat mengakibatkam cacat atau gangguan pertumbuhan janin. Idealnya wanita hamil hanya boleh mengkonsumsi obat dibawah pengawasan dokter.

Komentar
1 Komentar
ERVINA KURNIAWAN
ERVINA KURNIAWAN -

lg hamil gk blh mkn yg pedas2 nanti anaknya pas lahir sulit melihat n kulitnya pd merah2 krn kepnsan.