Hai Bunda, daftar disini

Siti Murwaningsih

Siti Murwaningsih

Umum

Makanan Pasca Melahirkan

Banyak perempuan yang mengharapkan berat badannya kembali normal pasca melahirkan. Padahal, melangsingkan badan secara alami butuh proses yang cukup memakan waktu. Berikut ini makanan yang bisa menurunkan berat badan pasca melahirkan

Bayam
Bayam adalah sayuran hijau yang paling bernutrisi. Bayam mengandung dua zat gizi utama yang dibutuhkan untuk melangsingkan tubuh yaitu asam folat dan mangan. Asam folat membantu memproduksi sel-sel darah yang baru. Sedangkan mangan membantu perkembangan tulang, tulang rawan dan kolagen yang Anda butuhkan untuk memulihkan diri pasca operasi cesar. Selain dimasak sebagai sayur bening, coba mencampurkan bayam dalam gado-gado, atau sayuran pengganti selada di dalam roti isi.

Telur
Telur mengandung 5-6 gram protein, yang baik untuk memberikan rasa kenyang lebih lama setidaknya sampai satu jam. Untuk membantu menurunkan berat badan pasca melahirkan, konsumsilah telur saat sarapan. Ketika perut terasa lebih kenyang, Anda tidak akan tergoda untuk mengonsumsi lebih banyak kalori sepanjang hari. Telur juga merupakan salah satu sumber kolin, nutrisi yang diperlukan untuk membangun pusat memori pada otak bayi. Nutrisi ini bisa ditransfer ke bayi melalui ASI.

Daging Samcan
Samcan adalah daging sapi di area perut. Namun daging ini sedikit alot. Samcan merupakan daging sapi yang kadar lemaknya paling sedikit. Bagian daging ini bisa memberikan nutrisi paling banyak, terutama zat besi dan zinc (seng). Dua mineral ini paling dibutuhkan ibu menyusui untuk mendapatkan kembali energi dan memproduksi ASI. Supaya tidak alot, pukul-pukul daging Samcan sebelum memasaknya. Kemudian, iris tipis-tipis. Anda juga bisa mengonsumsi daging ayam. Namun, pilih bagian daging yang gelap, seperti kaki dan paha. Meskipun daging bagian ini lebih tinggi lemak dan kalori ketimbang daging putihnya (bagian dada), namun kandungan seng dan zat besinya lebih banyak dua kali lipat.

Salmon
Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3, yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, salmon juga membantu perkembangan otak dan mata bayi. Seperti juga makanan lainnya, nutrisi dari salmon akan diserap melalui ASi.

Sereal berserat tinggi
Selain telur, semangkuk sereal juga baik untuk dijadikan menu sarapan. Sereal juga membuat Anda merasa lebih kenyang, dan selain itu juga membantu mencegah sembelit karena kandungan seratnya. Cobalah mencampur sereal dengan yogurt rendah lemak. Selain kaya akan kalsium yogurt juga mengandung probiotik, bakteri baik yang dapat membantu menyehatkan pencernaan.

Komentar
0 Komentar