Hai Bunda, daftar disini

Syahriani Syahruddin

Syahriani Syahruddin

Umum

Lama penyimpanan ASI setelah diperah

Bunda juga perlu membaca artikel ini bagi yang menysusui :
-Jika ruangan tidak ber-AC, disarankan tidak lebih dari 4 jam.
- Namun, jika ruangan ber-AC, bisa sampai 6 jam.
Namun, perlu diingat suhu ruangan tersebut harus stabil. Misalnya ruangan ber-AC, tidak mati sama sekali selama botol ASI ada di dalamnya.
- Segera simpan ASI di lemari es setelah diperah. ASI ini bisa bertahan sampai delapan hari dalam suhu lemari es. Syaratnya, ASI ditempatkan dalam ruangan terpisah dari bahan makanan lain yg ada di lemari es tsb.
- Jika lemari es tidak memiliki ruangan terpisah untuk menyimpan botol ASI hasil pompa, maka sebaiknya ASI tersebut jangan disimpan lebih dari 3 x 24 jam.
-Ibu juga dapat membuat ruangan terpisah dengan cara menempatkan botol ASI dalam container plastik yang tentunya dibersihkan terlebih dahulu dengan baik.
- ASI hasil pompa dapat disimpan dalam freezer biasa sampai tiga bulan. Namun jangan menyimpan ASI ini di bagian pintu freezer, karena bagian ini yang mengalami perubahan dan variasi suhu udara terbesar.
Jika Ibu kebetulan memiliki freezer penyimpan daging yang terpisah atau deep freezer yang umumnya memiliki suhu lebih rendah dari freezer biasa, maka ASI hasil pompa/perasan bahkan dapat disimpan sampai dengan enam bulan di dalamnya.

Komentar
2 Komentar
Mirza Nuraffan
Mirza Nuraffan -

wah sayang banget kenapa lingkungan sampe gak mendukung, tentunya niat dari diri kita sendiri bisa mengalahkan semuanya...

Ajeng Purnamasari
Ajeng Purnamasari -

dulu sih waktu hamil rajin banget cari artikel tentang ASI eksklusif, eh pas sudah melahirkan ga bisa diterapkan, karena lingkungan sangat tidak mendukung..
tidak ada pula yang mensupport.
Jadi intinya lingkungan dan dukungan itu juga perlu lho...