Hai Bunda, daftar disini

Fitri Budiani

Fitri Budiani

Umum

Kenapa tidak mau makan nasi ??

ini pertanyaan yang muncul ketika saya melihat anak tetangga saya, umurnya hampir 3th. Karena sang anak tidak mau makan nasi, tetangga saya selalu memberikan nasi+sayur yang diblender lembut (kalo saya bilang selembut jus).. itupun si anak makannya ga mau ngunyah.. langsung di telan dan satu sendok perlu waktu lama untuk menelannya... tapi anehnya kalo makan krupuk dan sejenisnya si anak ga masalah, si anak mau mengunyahnya. Yang saya mau tanyakan ke bunda bunda adalah, kenapa bisa seperti itu, dan bagaimana cara mengatasinya... (masukan dari bunda² disini akan saya sampaikan ke tetangga saya)...

tanks

Komentar
9 Komentar
Ina Marlina
Ina Marlina -

Sama dengan anak saya Michael (3 th) dia tidak mau makan nasi dalam bentuk apapun,mau asli / pun olahan,dari kecil kami sudah coba tp tetap saja tidak mau,tapi u semua makanan dia mau hanya nasi yang tidak mau,dia bilang nasi tidak enak,sudah disiasati berbagai macam cara tetap tidak mau juga,

SUSI LOWATI
SUSI LOWATI -

SALAM KENAL BUAT SEMUANYA.

PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Kalau dia mau makan jenis karbohidrat lain, mungkin saja dia tak kekurangan nutrisi sehat. Tapi sebetulnya nih Bunda, memang betul harus dilatih terus dengan pendekatan yang manis dan penuh kesabaran. Soalnya nih, makanan pokok kita kan nasi. Di pesta besar seringkali disediakan nasi dengan berbagai lauk pauknya. Kalau anak tak terbiasa makan nasi dalam bentuk aslinya (yang seharusnya sudah dimulai sejak usia 1 tahun ke atas), dia bisa jadi kesulitan bersosialisasi nantinya.

Selain masalah kebiasaan makan, sebetulnya pola ’terus mengikuti kemauan anak’ bisa diinterpretasikan secara salah oleh anak sebagai bentuk memanjakan kemauan anak. Akibatnya biasanya terasa di perkembangan emosional anak, jadi cenderung manja, tak disiplin dan kurang percaya diri. Sayang kan. Jadi, gimana kalau si tetangga Bunda mulai membiasakan anak untuk segera makan dengan cara yang benar: duduk di meja makan, makan nasi dan lauk pauknya sampai habis, baru deh mulai bermain / nonton TV. Ingat, sabar!

Dina Mustikasari
Dina Mustikasari -

o iya bun.. anak tetangganya makan mienya bukan mie instant kan? tolong sampaikan sebaiknya mie basah saja (dimasak sendiri tanpa msg) atau pasta (mie spaggetti, macaroni, dll)

Dina Mustikasari
Dina Mustikasari -

bun.. menolaknya anak thd suatu jenis mknan itu jgn dianggap menolak selamanya
kl hr ini menolak.. coba bbrp hari lagi atau minggu depan.. coba dgn bentuk yg berbeda.. misalnya hanya kentang rebus saja tidak mau... bsk2 coba kentang kukus dilumat dicampur keju parut, dll
memang ini perlu kesabaran dan kegigihan kita memvariasikan makanan si kecil..

Fitri Budiani
Fitri Budiani -

@all bunda : terima kasih atas komentnya... sekedar tambahan, anak tetangga saya itu kentang tidak mau, cuma kalo mie bisa habis 2 bungkus.... aku sendiri sampe berfikir aneh..

Susiyati Idris
Susiyati Idris -

anak pertama saya (4,5th) dulu ketika usianya mencapai 20bln juga makan masih diblender, padahal anak - anak disekitar kami yang usia 1th pun sudah mulai makan nasi. pertanyaan - pertanyaan "kok belum makan nasi" atau "kenapa tidak nasi saja" membuat saya jadi berfikir. beberapa masukan dari teman bahwa kadang ada anak yang malas mengunyah makanan adalah benar. Seperti yang dikatakan bunda didie, yang diperlukan adalah stimulasi yang secara terus menerus, dan dimulai dari nasi yang tidak terlalu keras(lembek), butuh kesabaran sih, karena pada awalnya ia akan selalu menolak, biasanya saya sediakan alternatif lain, namun karena terus saya latih untuk makan nasi, beberapa bulan kemudian akhirnya ia mau makan nasi juga. karena ketika gigi si anak telah tumbuh sempurna sebenarnya kemampuan untuk mengunyah makanan pun telah sempurna pula termasuk mengunyah nasi. Semoga pengalaman saya bisa berguna.....makasih.

Joan Mack
Joan Mack -

Tidak perlu diberikan kerupuk maupun snack sejenisnya.
Untuk snack lebih baik seperti yang disarankan didie, fingerfood berupa sayuran/buah. Jauh lebih sehat dan bergizi.

Berikan nasi, tidak perlu diblender (sudah 3 tahun!). Kalau tidak mau, coba ganti sebentar dengan kentang (bukan kentang goreng, ya...) atau pasta.
Harus selalu dicoba..., sampai akhirnya diterima.

Dina Mustikasari
Dina Mustikasari -

wah bun... jika sdh hampir 3th msh makan makanan lembut sebaiknya diperiksakan ke dsa bun.. apa memang cuma krn si anak malas mengunyah atau memang ada kelainan dengan organ tubuhnya.
Jika memang si anak malas mengunyah, sebaiknya justru kita hrs terus stimulasi, mungkin secara bertahap makanannya dicincang kasar... nasi bisa diganti dgn karbohidrat lain spt kentang yg dilumat atau mie, sayur/buah dibuat finger snack, dll.
jika anak kita berikan maknan lembut terus, anak akan semakin malas mengunyah sehingga otot2 rahangnya tidak terlatih... kasihan kan...