Hai Bunda, daftar disini

Rini Dwi Lestari Maria Goreti

Rini Dwi Lestari Maria Goreti

Umum

Kenapa anak saya belum bisa bicara?

Anak saya berusia 18 bulan tetapi sampai saat ini bisanya cuma ngoceh tidak jelas, dia hanya bisa bilang hao maksudnya halo kalau pas pegang telepon, tapi selain itu hanya bahasa planet, ... saya jadi khawatir kenapa kok dia belum bisa bicara, padahal di usia 6 bulan dia udah bisa ngoceh papapa, dadada... usia sembilan bulan dia bisa bilang dada sambil melambaikan tangan.. tapi setelah itu tidak ada perkembangan yang berarti, apakah karena dia kurang stimulasi karena pengasuh dia pendiam sedang saya kerja dari pagi sampai sore, suami saya kerja di luar kota ............ perlu juga diketahui dia baru bisa jalan umur 17 bulan dan sampai saat ini tidak mengerti kata perintah? Dia anak yang ceria dan tidak penakut ... Tolong bantu saya,...

Komentar
9 Komentar
Budiman Thiofilus
Budiman Thiofilus -

Anak saya sudah berumur 22 bulan, tapi belum bisa bicara dua kata sekaligus padahal menurut petunjuk buku yang saya dapat dari rumah bersalin, anak seusia tersebut seharusnya sudah bisa bicara dua kata! Anak saya baru bisa ngomong, ya..ya, yuu...yuuu..... soal motorik dlam arti aktifnya, anak saya sangat baik perkembangannya. Cuma soal bicaranya saja yang menurut saya agak lambat. Saya agak khawatir juga. Apakah ada teman-teman yang mau berbagi untuk mengatasi masalah tersebut??? Terima Kasih.

Narti Sumi
Narti Sumi -

anak saya juga begitu, kalo diajak bicara jawabnya cuma ah uhah auh, tapi kalo diperintah mengerti

Irnawati Irnawati
Irnawati Irnawati -

2 tahun 3 bulan baru bisa ngomong mama, eek, nenek, dedek, iya, nak(tidak), nak(enak), tapi sudah mengerti omongan. Apa ya penyebabnya? apa karena sering jatuh? waktu menjelang 2tahun pernah jatuh sangat keras di jidatnya benjol besar sampai lingkar matanya, tulang hidung ikutan bengkak. Saya tidak bawa ke dokter karena di kota kami tidak ada spesialis anak. Saya hanya memberi trombopop untuk menghilangkan bengkaknya. Tolooong sekali masalah saya ini. Terima kasih

PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Bersyukur sekali bahwa Bunda cukup sensitif memperhatikan si kecil. Memang 18 bulan adalah usia sangat penting, batas tonggak bicara anak, yaitu anak seharusnya sudah bisa mengucapkan kata pertamanya. Yang disebut kata pertama adalah kata yang dia kenal, dia ucapkan dengan cukup jelas, dan memang demikianlah maksudnya. Misalnya ketika dia menyebut bola, dia cukup jelas menyebut bola atau ’boya’ (tak sekadar ’oa’) dan yang dia maksud adalah betul-betul bola, bukanlah boneka ataupun TV.

Dari sudut perkembangan bicara si kecil sepertinya normal sampai di usia sekitar 9 bulan, namun dari sudut perkembangan bahasanya mungkin ada keterlambatan, karena sampai saat ini belum mengerti kalau diminta melakukan sesuatu. Ada baiknya Bunda segera membawa si kecil ke Klinik Tumbuh Kembang untuk diperiksa bersamaan oleh dokter anak dan psikolog anak. Akan dilihat juga apakah ahli lain perlu ikut memeriksa atau tidak. Yang diharapkan, anak hanya sekadar kekurangan stimulasi saja, dan akan diberikan saran untuk menstimulasinya lebih komplit. Namun kalau ternyata anak punya keterlambatan atau gangguan perkembangan, sebaiknya segera mendapat terapi. Terapi di usia ini akan memberikan hasil jauh lebih maksimal dibandingkan kalau baru diberikan di usia lebih tua, karena sekarang otaknya masih berkembang pesat. Selamat membawa anak ke Klinik Tumbuh Kembang!

Mapring Takallina
Mapring Takallina -

Bunda, Coba bunda luangkan waktu bunda saat bunda pulang kerja dan saat libur, sesering mungkin mengajak anak berbicara dan bermain.Karena Putri Anak saya sejak umur 2thn sdh bisa bicara dan mengerti apa yang saya ucapkan.

Dina Mustikasari
Dina Mustikasari -

saya setuju dgn ibu dik_dik....
tiap anak memang berbeda2... anak2 saya sebelum 2th sudah bisa lancar berbicara, namun keponakan saya baru setelah 2th lsg lancar berbicara pdhl seblmnya hanya bisa bbrp kata saja
anak hrs distimulasi terus... diajak berbicara, bercerita, bernyanyi, sambil baca buku, dll
walaupun mereka belum bisa mengucapkan kembali namun mereka menyerap apa yg kita ucapkan...
namun jika sdh 3th msh juga belum bisa bicara harus dikonsultasikan ke dokter dan dicari penyebabnya.

Sri Artina Sirwan
Sri Artina Sirwan -

coba kalo anda pulang kerja anda usahakan untuk lebih sering berbicara dengan anak anda...banyak bertanya..gunakan perkataan mudah..jgn tinggikan suara dan boleh jugak dgn penggunaan buku dan mainan

Soibwe Gou
Soibwe Gou -

anak saya 20bln,blum bisa bicara,padahal dirumah kita sering ngajak dia bicara tetap aja gak bisa. pas kita gak ajak bicara dia bisa keluarin kata yg tepat suruh ucapin lg gak bisa,dll boleh di blg blum seratus kata,selain itu dia suka ngoceh yg gak jelas jg,saya jg khawtir bgt,padahal uda pake sgala cara.

Muhammad Sofyan
Muhammad Sofyan -

anak saya juga begitu umurnya 14 bulan,tapi kalau diajak bicara dia tidak mau merespon awalnya sulit mngajaknya bicara tapi jika melihat iklan di tv dia cepat untuk menirukan omongan ataupun gerakan yang ada di iklan yang ia sukai,teryata anak yang seumur anak ku orang tua lah yang harus lebih aktif.tebukti apa yang saya alami setiap saya ajak main saya berusaha untuk mengajaknya bicara walaupun dia tidak merespon tapi saya trus mengajaknya bicara, ketika saya pulang kerja dan ia mau tidur tanpa sengaja ia mengucapkan apa yang saya ucapkan waktu saya ajak main seperti satu dua tiga,dan seterusnya,walaupun kata-katanya agak kurang jelas tapi saya trus aktif untuk mengajaknya bicara.