Hai Bunda, daftar disini

Ika Daniarsari

Ika Daniarsari

Umum

Kenali hormon yang berperan dalam persalinan Anda

Hormon adalah zat kimia yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin. Pada saat hamil, produksi hormon tersebut menjadi lebih banyak dan masing-masing hormon berguna untuk mengatur pertumbuhan janin selama kehamilan. Beberapa jenis hormon dan fungsinya yang telah dikenal yaitu:



HCG (Human Chorionic Gonadotrophin)

Hormon ini dihasilkan oleh embrio, berfungsi mencegah haid dan meningkatkan kadar progesteron. Kadar HCG yang tinggi pada tiga bulan pertama kehamilan diperkirakan sebagai penyebab morning sickness.



Estrogen dan Progesteron

Hormon ini adalah hormon penting dalam kehamilan. Progesteron mempersiapkan lapisan rahim untuk menerima telur yang sudah dibuahi dan merangsang perkembangan jaringan tubuh serta menimbulkan rasa tenang. Bersama dengan estrogen, hormon progesteron juga berguna merangsang perkembangan kelenjar air susu, memperbesar payudara, dan membuat areola melebar dan lebih gelap.





Relaxin

Hormon ini melembutkan rahim dan mengendurkan otot panggul untuk persiapan kelahiran.



Oksitosin (Oxytocin)

Oksitosin diproduksi di hypothalamus, pada kelenjar posterior pituitary “master gland” ini semua adalah bagian dari otak manusia yang bekerja salah satunya untuk mengatur system endokrin dalam tubuh manusia. [r1] Hormon ini adalah hormon reproduksi yang penting. Hormon ini juga sangat berperan untuk merangsang dan memperkuat kontraksi rahim saat bersalin dan mendorong janin keluar. Pada masa pascapersalinan, produksi oksitosin yang baik dapat mencegah terjadinya perdarahan dengan mempertahankan kontraksi uterus, juga berguna membantu rahim mengerut ke ukuran normal dan merangsang produksi ASI. Pancaran ASI (Air Susu Ibu) let-down reflex, reflek memancarnya ASI, dan ini sangat dipengaruhi oleh hormone dalam tubuh yaitu oksitosin. [r2] pada saat menyusui.







Prostaglandin

Hormon ini bertugas merangsang kehamilan. Perempuan memproduksi hormon ini ketika janin siap lahir. Cairan semen yang dikeluarkan pria ketika ejakulasi juga mengandung hormon prostaglandin.



Endorphin

Seperti yang sudah dibahas pada bab sebelumnya, hormon endorphin menimbulkan rasa tenang dan menghilangkan rasa sakit. Hormon ini meningkat selama kehamilan dan memuncak saat persalinan/kelahiran.


Komentar
1 Komentar
Desiana Cendanasari
Desiana Cendanasari -

thanks bunda utk artikelnya....isinya bermanfaat...tukar like utk bunda :)