Hai Bunda, daftar disini

Cut Melisa Lestari

Cut Melisa Lestari

Umum

Kemampuan Melihat Pada Bayi

Kita sering kali bertanya-tanya apakah bayi kita sudah dapat melihat kita saat lahir, sejak kapankah kemampuan melihatnya muncul. Artikel berikut mungkin bisa menambah pengetahuan anda tentang kemampuan melihat pada bayi anda.

Untuk mengetahui apakah bayi baru lahir sudah bisa melihat, terlebih dahulu kita harus memahami gambaran singkat tentang fokus mata manusia terhadap benda yang berada jauh atau dekat dari mata. Ketika seseorang melihat sesuatu, otot disekitar mata secara otomatis akan mengubah bentuk lensa mata, sehingga objek yang kita lihat terpantul di retina. Kemampuan mengubah fokus saat melihat benda jauh atau benda dekat disebut dengan akomodasi, proses ini terjadi seperti halnya proses adjusting pada kamera saat kamera ingin mendapatkan gambar yang tajam saat pemotretan.

Pada dasarnya, mata bayi sudah mampu memfokuskan benda pada berbagai jarak pandang. Masalahnya mereka belum punya cukup kemampuan untuk mengatur otor mata mereka. Sebelum usianya 2 bulan, ada ketidak akuratan dalam memfokuskan otot-otot mata terhadap suatu benda, namun setelah melewati usia ini, bayi anda akan mulai mampu memfokuskan gambar dari benda yang ditangkapnya ke retina.

Dapatkah bayi melihat warna
Bagian retina yang memiliki tugas mengidentifikasikan warna disebut fovea. Pada setiap bayi baru lahir, fovea dan bagian-bagian lain di otak bayi anda yang bertanggungjawab dalam memberikan gambaran detail suatu benda belum berfungsi dengan maksimal, sehingga gambaran yang di munculkan akan terlihat blur, bahkan jika kemampuan fokus pada bayi sudah lengkap. Kemampuan melihat secara detail tergantung pada kemampuan fokus mata serta perkembangan otot mata. Seiring dengan pertumbuhan bayi, penglihatannya juga akan ikut berkembang.

Usia 4 Bulan Pertama
Pada Usia 4 bulan pertama, bayi biasanya sudah mampu melihat gerakan bahkan sebelum daya penglihatannya komplit. Di usia inilah, kemampuan mereka melihat warna belum sepenuhnya berkembang. Koordinasi pada mata juga belum sempurna, oleh sebab itu mereka tampak seringkali mengedipkan mata.

Usia 4 - 8 Bulan
Di usia 4 dan 6 bulan, bayi anda sudah mampu melihat objek yang berada didepan mata nya, seiring dengan kemampuan pandangnya yang semakin tajam. Di usia 6 dan 8 bulan, bayi anda juga sudah mulai merangkak. Merangkak merupakan aktifitas yang dapat membantu perkembangan koordinasi antara mata dan tangan.

Kapan Bayi Mulai Malihat warna?
Riset dari University of California mengungkapkan bahwa bayi berusia dua minggu sudah memiliki kemampuan melihat warna. Mereka sudah bisa membedakan antara warna merah dan hijau. Meski demikian mereka masih belum bisa mengidentifikasikan warna-warna turunan seperti orange, dan sebagainya.

Kapan Bayi Mulai Mengenal Wajah?
Sebuah penelitian di Minnesota mengungkapkan bahwa bayi baru lahir melihat garis dari objek yang dilihatnya, khususnya garis-garis yang memiliki kekontrasan yang tinggi. Oleh sebab itu saat mereka melihat wajah manusia, mereka akan terlebih dahulu melihat garis rambut, atau garis sisi wajah. Saat usia mereka 2 bulan, mereka baru mulai memperhatikan mata dan mulut, dan di usia 4-5 bulan, mereka bisa mengenali wajah ibunya, bahkan dibanding wajah-wajah orang lain disekelilingnya.

Kafebalita.com

Komentar
0 Komentar