Hai Bunda, daftar disini

Disah Ekowati

Disah Ekowati

Umum

Kebutuhan Nutrisi Bayi

Kebutuhan Nutrisi Bayi


Kebutuhan nutrisi bayi adalah sesuatu yang umumnya menjadi pusat perhatian para orangtua. Hal paling penting adalah memastikan bahwa bayi Anda menerima asupan makanan yang sesuai. Memastikan hal tersebut bukanlah sesuatu yang sulit karena asupan terbaik untuk bayi pastilah ASI. ASI adalah asupan terpenting untuk bayi sampai mereka berusia 6 bulan, maka itu usaha untuk terus memberikan ASI harus tetap dilakukan.

Setelah usia 4-6 bulan, saat asupan makanan bayi Anda mulai berubah dari makanan cair ke makanan padat, dokter Anda mungkin mulai menyarankan untuk memberi suplemen tambahan untuk memperkaya nutrisi bayi Anda. Sehubungan dengan suplemen tambahan ini sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter Anda, tetapi umumnya suplemen yang dianjurkan dokter antara lain :

1. Zat Besi
Terkandung dalam sereal yang diperkaya zat besi dan jenis kacang-kacangan.
2. Vitamin D
Berikan 400 IU Vitamin D setiap harinya.
3. Vitamin B12
Dapat ditemukan di dalam ikan, daging, ayam, telur, dan susu.

Dalam memperhatikan nutrisi bayi, selain masalah asupan makanan, yang sering dipertanyakan oleh para orangtua adalah seberapa banyak asupan makanan yang harus mereka berikan kepada bayinya. Jawabannya adalah orangtua harus membiarkan bayinya memberi tahu secara tidak langsung, umumnya bayi akan makan saat mereka lapar dan berhenti saat merasa kenyang. Memaksakan bayi untuk makan bukanlah hal yang baik karena akan menimbulkan masalah dengan makanan saat mereka dewasa nanti.

Komentar
0 Komentar