Hai Bunda, daftar disini

Dhyana Listyani

Dhyana Listyani

Umum

Kapan anak bisa ikut pendidikan PAUD ??

Anak saya yang pertama, 3,5 thn dan yg kedua 1,5 thn.
Yang pertama sebentar lagi sudah mau masuk TK kecil.. dan adiknya seperti tidak mau berpisah dari sang kakak. dia juga ingin pergi ke sekolah.

Apakah pada umur tersebut (1,5 thn) dia sudah bisa ikut PAUD ?
Bagaimana memilih sekolah PAUD yg baik ?

Terus terang, selama ini banyak sekali taman bermain PAUD di dekat kompleks rumah kami, tapi memasukkan pendidikan agama di pengajarannya. dan kebetulan, Agama yang kami anut tidak sesuai dengan pendidikan agama yang disediakan, (kami sekeluarga katholic, PAUD yg ada berbasis muslim)
apa jalan tengah yang harus kami lakukan untuk anak kami yg kedua.. mohon saran para bunda..

Komentar
9 Komentar
Muarifah Arifah
Muarifah Arifah -

wah ada komentar pakar sennagnya

SUSI LOWATI
SUSI LOWATI -

umur 3thn udah bisa kok bunda

PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Anak 1.5 tahun sepertinya tak harus ikut sekolah ya Bunda, kecuali kalau Bunda betul-betul mengalami kesulitan untuk menstimulasi anak, atau anak dijaga oleh orang yang tak betul-betul bisa dipercaya. Coba cek di gereja deh Bunda. Beberapa gereja yang baik sekarang juga menyediakan Sekolah Bina Iman bagi anak batita / balita, jadi kedua anak bisa masuk ke sana. ‘Bersekolah’ satu minggu sekali juga sudah bisa membuat anak terbiasa kok, tak harus bersekolah formal ataupun PAUD. Lagipula sekolah minggu biasanya gratis kan, jadi tak masalah dengan biaya.

Dhyana Listyani
Dhyana Listyani -

Bunda, terimakasih atas saran para bunda...
Hanya saja, permasalahannya, saya bukan hanya sebagai ibu rumah tangga saja, saya juga bekerja, dan setiap hari berangkat jam 5.30, baru kembali ke rumah pukul 19.00. Jadi saya tidak bisa mendampingi si kecil setiap hari.

Kalau masalh bangun tidur, si kecil malah lebih rajin bangun pagi dibandingkan kakak-nya. Setiap hari saya bangun jam 3.45, 15 menit kemudian pasti se kecil juga ikut bangun. Sedangkan sang kakak, menjelang saya berangkat kerja baru dia bangun tidur..:))

Untuk saat ini saya hanya bisa minta tolong neneknya yg menjaga untuk lebih sering memainkan VCD BABA dan film film anak lainnya, seperti Dora, Thomas, dan teletubbies.

Baryd Kusuma Sari
Baryd Kusuma Sari -

Stuju dengan jawaban para bunda diatas. Sebaiknya bermain saja dirumah. Kalau anak saya tidak saya masukkan PAUD. Karna saya lebih senang mengajari dia dirumah. Jadi langsung masuk TK Kecil saja nanti ketika usianya mencapai 4 Tahun. Bersosialisasi cukup dimulai ketika di TK. Takutnya bosan jika terlalu lama sekolah Dini.

Christophora Anung Anindita
Christophora Anung Anindita -

Saya setuju dengan pendapat bunda yang lain, usia 1,5 tahun memang masih harus belajar di rumah, kalo dah 2 tahun bisa dimasukkan k play group. Kalo dia ingin sekolah, bunda bisa kok mengkondisikan rumah seperti di PAUD, dan tentunya bunda lah yang jadi gurunya.

Maria Handayani
Maria Handayani -

saya setuju dengan pendapat moms yg lain....usia segitu memang masih usia rumah n kl si adik tetep nangis ...dibuat arena sekolah2an aj moms dirumah..sedian bangku dan meja belajar kecil lalu siadik mulai sekolah sm saat kakanya pergi sekolah...atau jgn bangunkan dia ketika si kakak hendak pergi sekolah moms...sy yakin anda mampu mengatasi si adik...semoga membantu

NUNIK NURHIDAYATI KUSBERNADI
NUNIK NURHIDAYATI KUSBERNADI -

betul bunda untuk putra bunda yang 1,5 sebaiknya belajar dan bermain full dirumah didampingi bunda saja...dan untuk PAUD bisa dimulai usia 2,5 tahun. kebetulan saya guru di PAUD, karena jika anak masih dibawah 2 tahun, kasihan...karena tetap akan diperlakukan sama dengan teman2nya yang rata2 orang tua mereka memasukannya di usia 2,5 tahun. sebenernya di PAUD pun, sama seperti bermain dirumah namun memang ia jadi lebih terlatih untuk bersosialiasi dengan banyak orang.

YULIAH MUFARRIKHAH
YULIAH MUFARRIKHAH -

bunda pendidikan usia dini itu memang penting tapi kalau usia 1,5 tahun saya rasa lebih baik diajak bermain sambil belajar dirumah sama bunda nanti sampai usia 2 tahun kemudia kalau usia 2 tahun putra ibu sudah bisa sekolah di play group yang bunda inginkan