Hai Bunda, daftar disini

Bunda Nayya

Bunda Nayya

Umum

KB Ibu Menyusui

Dear All, aku mau tanya KB untuk ibu menyusui yang bagus apa ya? soalnya kemarin aku mau KB dan konsultasi sm dokter obgyn, katanya semua KB berpengaruh kepada air susu dapat membuat kering. dan karena sekarang aku sedang memberikan ASI kepada anakku yang baru berusia 1 bulan aku belum memutuskan untuk memilih alat kontrasepsi jenis apa karena masih bingung, tolong yang beredia memberi jawaban, karena aku melahirkan dengan operasi SC jadi dokter menyuruh memasang alat kontrasepsi secepatnya.
terimakasih

Komentar
6 Komentar
Khoirun Nisa
Khoirun Nisa -

betul. spiral paling aman buat ibu menyusui, juga tidak mengakibatkan efek di badan, paling efek nya terasa saat awal2 pemasangan, kadang timbul flek ato keputihan tapi lama kelamaan normal. Saya pengguna Spiral 2,5 th. Enak2 aja tu bun. suami juga ga bermasalah

Ria Pujiati
Ria Pujiati -

Salam kenal bunda nayya,

Iya bnr juga sih bunda KB yg cocok utk menyusui itu spiral, saya dl waktu menyusui kb suntik sih tp stlh umur 7bln anak saya tdk mau asi lg soalny asi saya kering pdhl wkt pas pertama disuruh kb udh disaranin utk kb spiral eh sy ngga mau ya sdh ,,,,,

Bunda Nayya
Bunda Nayya -

Terimakasih bunda-bunda atas jawabannya.awalnya juga saya dan suami berencana untuk KB kalender, tapi rasanya kok ribet yah, hehe maklum disamping saya pelupa saya juga males untuk catat2 tanggal masa subur, banyak juga sih yang menyarankan untuk KB spiral tapi menurut pengalaman beberapa teman, itu bisa menyebabkan pendarahan, benar gak sih? dan juga ada yang sering lepas spiralnya lagipula untuk dipakai berhubunganpun akan terasa sakit. saya sendiri belum mengetahui betul tentang KB. maklum bunda, ini pengalaman pertama memiliki anak, jadi sampai saat ini saya masih bingung untuk memilih alat kontrasepsi yang aman. mungkin bagi bunda yang sudah berpengalaman bisa di share keuntungan dan kerugiannya KB spiral.

NENY NOVIANTI
NENY NOVIANTI -

bunda,..menurut dokter saya sih katax yg paling cocok untuk menyusui itu spiral,.saya menyusui sampai sekarang putriq usia 21 blan,karena putriq susah minum sufor,.

Devi Eka
Devi Eka -

Saya jg sdg menyusi, kebetulan saya pakai KB spiral, kalau menurut dokter saya, mama saya dan soudara2 saya gpp KB spiral tdk pengaruh utk ASI, mudah2an. Saya pasang spiral pas 40 hari skrg usia anak saya sudah 3 bln, alhamdulilah ASI saya msh baik, begitu jg soudara saya yg KB spiral usia anaknya skrg sudah 4 bln, ASInya msh baik. ASI bisa kering itu yg saya tahu tergantung dr pola makan si Ibu, sayur buah susu penunjang tetap di maksimalkan, makan harus lebih sering. Mudah2an ASInya tetap lancar meskipun pakai KB spiral.

Salbiyah
Salbiyah -

maaf sebelumnya ya bunda nayya, hal serupa juga terjadi pada saya ketika anak pertama dan kedua saya lahir secara sc dokter juga menyarankan untuk mengikuti kb, tapi saya tidak berani melakukan kb karena takut asi saya menjadi kering, tapi sekarang setelah anak kedua saya lahir (usia anak kedua saya udah 5 bulan), saya lebih memilih menggunakan alat kontrasepsi (kondom) buat suami saya agar lebih aman....dari bunda nasya