Hai Bunda, daftar disini

Putri Tyas

Putri Tyas

Umum

KB IMPLAN....?

Bund...
sejak aku pakai KB suntik periode 3 bln kok aku nge-plek trus ya...risih nee....Ada yg pernah pakai KB IMPLAN gak ya...
Kasi tau donk keuntungan n kekurangan KB IMPLAN....?
d tunggu jawabannnya ya bund...

Komentar
7 Komentar
Haniq Nafikhah
Haniq Nafikhah -

Makasih infonya...klo sya pake pil KB meskipun sering lupa yg penting g kebo2lan aja, sdh 18 bln g menstruasi sejak ngepil.

Lia Jasmine
Lia Jasmine -

yah dapet info baru nih..aku blom pernah KB soalnya..

Ina Wijayawati
Ina Wijayawati -

wahhh info baru nih...thx ya bunda andhika

Putri Tyas
Putri Tyas -

trims ya bunda-bunda...

Rini Rahmawati
Rini Rahmawati -

setiap pemakaian KB memang ada efek posistif negatifnya bun....

aku juga pernah pake KB suntik ngeflek juga selama 1 bln, akhirnya aku ganti ke KB pil, sekarang dah cocok pake pil aja walau harus hati-hati jangan sampai lupa diminum

aku bantu dengan artikel ya bun...

Sesudah pemasangan mungkin Ibu mengalami sedikit nyeri dibekas tempat pemasangan, Ibu tidak usah khawatir, karena rasa nyeri akan hilang dalam satu atau dua hari. Untuk mencegah terjadinya Infeksi dibekas pemasangan Implant harus dijaga supaya tetap kering selama 3 hari, jika ibu akan mandi angkatlah tangan tempat pemasangan Implant agar luka tidak terkena air, sebab jika luka menjadi basah dapat ?menyebabkan Infeksi. Jangan segan untuk membicarakan dengan petugas lapangan KB dan petugas kesehatan jika ada masalah dengan pemakaian Implant.? Sesudah 5 Tahun Implan harus dicabut dan apabila Ibu masih berniat memakai implant kembali maka implant dapat dipasangkan lagi.

Keuntungan

* Tahan sampai 5 tahun atau sampai diambil. Kesuburan akan kembali segera setelah pengangkatan. Pencegahan kehamilan terjadi dalam waktu 24 jam setelah pemasangan.
* Melindungi wanita dari kanker rahim.
* Aman digunakan setelah melahirkan dan menyusui.
* Tidak mengganggu aktivitas seksual.
* Daya guna tinggi
* Perlindungan jangka panjang (3 tahun untuk Jadena)
* Pengembalian tingkat kesuburan yang cepat setelah pencabutan
* Tidak memerlukan pemeriksaan dalam
* Bebas dari pengaruh estrogen
* Tidak menggangu kegiatan senggama
* Klien hanya perlu kembali ke klinik bila ada keluhan
* Dapat dicabut setiap saat sesuai dengan kebutuhan
* Mengurangi nyeri haid
* Mengurangi jumlah darah haid
* Mengurangi/memperbaiki anemia
* Melindungi terjadinya kanker endometrium
* Menurunkan angka kejadian kelainan jinak payudara
* Melindungi diri dari beberapa penyebab penyakit radang panggul
* Menurunkan angka kejadian endometriosis

Kelemahan

Tidak dianjurkan untuk penderita penyakit hati, kanker payudara, perdarahan tanpa sebab, penggumpalan darah, penderita tekanan darah tinggi, penyakit kandung empedu, kolesterol tinggi, siklus menstruasi tidak teratur, sakit kepala, penyakit jantung. Beberapa jenis susuk, yang tampak dari luar atau terasa bila diraba. Pada kebanyakan klien dapat menyebabkan pola haid berupa perdarahan bercak (spotting), hipermenorea, atau meningkatnya jumlah darah haid, serta amenorea.

Keluhan-Keluhan Yang Dapat Timbul akibat Pemasangan

* Nyeri kepala, peningkatan/penurunan berat badan, nyeri payudara, mual-mual, pening/pusing kepala, perubahan perasaan (mood) atau kegelisahan
* Membutuhkan tindakan pembedahan minor untuk insersi dan pencabutan
* Tidak memberikan efek protektif terhadap infeksi menular seksual termasuk AIDS
* Klien tidak menghentikan sendiri pemakaian kontrasepsi ini sesuai dengan keinginan, akan tetapi harus pergi ke klinik untuk pencabutan
* Efektifitasnya menurun bila menggunakan obat-obat tuberkulosis atau obat epilepsy
* Terjadinya kehamilan ektopik sedikit lebih tinggi (1,3 per 100.000 wanita pertahun)
* ?Keluar bercak-bercak darah atau pendarahan yang lebih banyak selama menstruasi.
* Hematoma/pembekakan dan nyeri.

Efek Samping

Gangguan pola Haid :

* Tidak haid
* Pendarahan yang tidak lama
* Kemungkinan infeksi pada bekas luka pemasangan
* Perdarahan
* Siklus menstruasi lebih panjang
* Rambut rontok
* Gairah seksual turun
* Jerawat dan depresi.

Penanggulangan :

* Hubungan Petugas berwenang
* Hematoma (warna biru dan rasa nyeri) pada deerah pemasangan, kompres dengan air dingin selama 2 hari, selanjutnya kompres dengan air panas/hangat sampai warna biru hilang.

Kontraindikasi

* Hamil atau diduga hamil, penderita jantung, strok, lever, darah tinggi dan kencing manis.
* Pendarahan Vagina tanpa sebab.
* Wanita dalam usia reproduksi
* Telah atau belum memiliki anak
* Menginginkan kontrasepsi jangka panjang (3 tahun untuk Jadena)
* Menyusui dan membutuhkan kontrasepsi
* Pascapersalinan dan tidak menyusui
* Pascakeguguran
* Tidak menginginkan anak lagi, tetapi menolak kontrasepsi mantap
* Riwayat kehamilan ektopik
* Tekanan darah <180/110 mmHg, dengan masalah pembekuan darah, atau amenia bulan sabit (sickle cell)
* Tidak boleh menggunakan kontrasepsi hormonal yang mengandung estrogen
* Sering lupa menggunakan pil?? Hamil atau diduga hamil

* Perdarahan pervaginan yang belum diketahui penyebabnya
* Benjolan/kanker payudara atau riwayat kanker payudara
* Tidak dapat menerima perubahan pola haid yang terjadi
* Miom uterus dan kanker payudara
* Ganguan toleransi glukosa

Peringatan khusus bagi pengguna implan

* Terjadinya keterlambatan haid yang sebelumnya teratur, kemungkinan telah terjadi kehamilan
* Nyeri perut bagian bawah yang hebat, kemungkinan terjadi kehamilan ektopik
* Terjadi perdarahan banyak dan lama
* Adanya nanah atau perdarahan pada bekas insersi (pemasangan)
* Ekspulsi batang implan
* Sakit kepala migran, sakit kepala berulang yang berta, atau penglihatan menjadi kabur

Lisa Kartika
Lisa Kartika -

sempet aku sampai operasi kecil gr2 pemasangan implan

Lisa Kartika
Lisa Kartika -

nie bund,..aq pke KB-implan nie udah pemasangan yg ke 2 kalinya...
enak lo bund,.gx ribet,..kl pke implan,..cm kl pas pemasangannya,..rasanya suakit bgt,..sempet