Hai Bunda, daftar disini

Ni Ktut Mavianti

Ni Ktut Mavianti

Umum

HERNIA PADA ANAK

HERNIA PADA ANAK
Dr. Hermanto. SpB.SpBA
Dokter Spesialis Bedah, Spesialis Bedah Anak tinggal di Pontianak Kalbar.
Istilah Hernia secara umum adalah penonjolan melalui suatu lubang (defek) di dinding rongga yang bersangkutan, dalam hal ini perut. Hernia terdiri atas “cincin” yaitu lubang keluar, kantung dan isi hernia. Berdasarkan terjadinya hernia dibagi menjadi hernia bawaan (kongenital) ini terjadi pada anak anak, dan hernia didapat (akuisita) biasa pada orang dewasa/tua.
Tulisan ini saya membatasi mengenai hernia pada anak/bayi yang paling sering, yaitu hernia umbilikalis (pusat) dan hernia daerah selangkangan atau kantung kemaluan.
Hernia yang terjadi di daerah pusar disebut hernia umbilikal (orang awam menyebutnya “bodong”), sedangkan hernia yang terjadi di daerah selangkangan disebut hernia inguinalis (orang awam menyebutnya turun berok, burut atau “kondor”).
Apa penyebab hernia pada anak dan bayi ?
Hernia pada bayi adalah kelainan perkembangan janin didalam rahim. Hernia dapat berkembang dalam beberapa bulan pertama setelah bayi lahir karena adanya kelemahan di otot perut. Hernia inguinalis dan hernia umbilikal terjadi karena alasan yang sedikit berbeda.
Bagaimana terjadinya Hernia inguinalis/selangkangnan ?
Saat pertumbuhan janin laki-laki di rahim sampai dengan siap dilahirkan, testis berkembang di perut dan kemudian bergerak turun ke dalam skrotum melalui daerah yang disebut kanalis inguinalis (saluran antara dinding perut bawah ke kantung kemaluan). Setelah bayi lahir, kanalis inguinalis menutup, untuk mencegah testis berpindah kembali ke perut. Jika daerah ini tidak menutup sepenuhnya, sebuah lengkung usus dapat masuk ke dalam kanalis inguinalis melalui area lemah dinding perut bagian bawah, menyebabkan hernia.
Berapa banyakkah kejadian hernia pada anak ?
Insiden hernia inguinalis pada anak dan bayi antara 1% sampai 2% dari seluruh anak lahir. Kemungkinan terjadi pada sisi kanan 60%, sisi kiri 25%, kedua sisi(bilateral) 15 %. Anak yang mempunyai riwayat operasi hernia, ada kemungkinan menderita hernia kontra lateral 16% pada usia dewasa.
Apakah hernia inguinalis bisa terjadi pada anak perempuan ?
Walaupun anak perempuan tidak memiliki testis, mereka memiliki kanalis inguinalis, sehingga dapat juga mengembangkan hernia di daerah itu. Biasanya selain usus, yang masuk ke kantung hernia selain usus, bisa juga saluran telur atau indung telur(ovarium)
Bagaimana terjadinya Hernia umbilikal (bodong) ?

Ketika janin tumbuh dan berkembang selama kehamilan, ada lubang kecil pada otot perut yang memungkinkan tali pusat menghubungkan ibu ke bayi. Sebelum kelahiran, lubang cincin pada otot perut itu menutup. Kadang-kadang, cincin itu tidak menutup sepenuhnya, dan masih ada lubang kecil. Sebuah lengkung usus dapat bergerak ke dalam lubang di antara otot perut itu dan menyebabkan hernia.
Risiko terjadinya hernia meningkat pada bayi yang lahir prematur atau memiliki ayah/ibu yang memiliki hernia sewaktu bayi.

Komentar
0 Komentar