Hai Bunda, daftar disini

Rusmi Zesmi

Rusmi Zesmi

Umum

Cara mengatasi anak yang terlalu aktif

Bun...Anak saya sudah berumur 3.5 th, tapi kalau bicara masih banyak yang belum jelas, gimana cara mengajarinya bicara yang jelas?
Pertanyaan kedua ya Bun : Anaknya terlalu aktif, hampir setiap hari mengikuti kegiatan TK di dekat rumah, sampai2 dia bisa mengikuti gerakan senam dan tarian anak2 TK tersebut, dan juga anaknya terlalu jail sama temannya. Bagaimana caranya mengatasi anak yang terlalu aktif dan Jail?
mudah-mudahan jawaban dari bunda sangat membantu saya dalam mendidik sikecil.

Komentar
2 Komentar
FEBRIANTI PUTERI WULANDARI
FEBRIANTI PUTERI WULANDARI -

Anak aktif cenderung memiliki lebih banyak energi. Anak aktif akan merasa sulit dan frustrasi jika ia harus duduk lama tanpa melakukan aktivitas apapun. Oleh karena itu, ia memerlukan suatu kegiatan beserta aturan permainan yang jelas. Sebab, apabila kegiatan yang ia lakukan tanpa ada rencana dan aturan terlebih dahulu. Maka, ia akan lepas kendali dan tanpa pikir panjang ia melakukan apa saja yang ia sukai. Dan, mungkin akan terjadi suatu masalah.

Ada beberapa upaya memotivasi anak aktif agar bersikap kooperatif. Yaitu, tempatkanlah dia paling depan atau mintalah ia untuk memimpin sesuatu. Buatlah rencana kerangka kegiatan beserta aturannya sebelum suatu kegiatan dimulai. Dengan demikian, energi yang berlimpah dapat mengalir dengan leluasa tanpa membawanya ke suatu masalah.

Hal lain yang perlu bunda ketahui dari anak aktif adalah ia sangat perlu merasakan bahwa dirinya dibutuhkan dan dapat dipercaya. Oleh karena itu, untuk menyalurkan energinya maka bunda dapat memberikannya suatu tugas seperti membersihkan tempat tidur atau mencuci sepedanya. Katakan kepadanya bahwa bunda percaya bahwa ia dapat melakukannya dengan baik. Pada umumnya, anak aktif jika diberi kepercayaan ia akan mampu melakukannya dengan baik dan bertanggung jawab. Sebab, anak aktif senang mendapatkan prestasi dan memecahkan rekornya sendiri.

Jika anak berhasil menjalankan suatu kegiatan dengan baik maka janganlah lupa bunda memberikan pengakuan atas prestasi atau kesuksesannya tersebut. Namun, apabila ia berbuat salah maka maafkanlah ia. Sebab, anak aktif sangat membutuhkan maaf atas kesalahannya. bunda perlu memahami dan mempersiapkan ’mental’ bahwa anak aktif biasanya mempunyai kecenderungan lebih banyak melakukan kesalahan. Anak aktif pada umumnya belajar tentang dirinya dari kesalahan.
Lebih baik memberi label anak aktif daripada anak nakal. Karena pemberian label anak nakal terdengar sangat negatif dan memojokan anak.

FEBRIANTI PUTERI WULANDARI
FEBRIANTI PUTERI WULANDARI -

Klau saya mengajak sikecil bermain sambil berbicara, bernyanyi sambil bermain, ataupun membacakan cerita sambil menunjukkan gambar2.

Jangan memaksa anak berbicara.
Kalau bayi / anak bersuara (walaupun tidak jelas) berikan jawaban, seolah-olah kita mengerti ucapannya
Pujilah segera kalau dia berbicara benar.
Jangan menyalahkan anak kalau ia salah mengucapkannya
Kalau anak sudah bosan sebaiknya beralih ke kegiatan lain

Latihan – latihan ini selain merangsang berbicara sekaligus merangsang perkembangan emosi, sosial, dan perkembangan kognitif (kecerdasan).

Semoga bermanfaat dan sikecil jadi bisa berbicara jelas.